2 Anggota Polwan Polres Basel Ikut Amankan Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024

SN.COM |BANGKA SELATAN – Polres Bangka Selatan menerjunkan sebanyak 6 personil untuk melaksanakan pengamanan pelipatan surat suara Pemilu 2024, di Gudang Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten setempat, Rabu (3/1/2024).

Dua dari enam personil yang diterjunkan untuk pengamanan pelipatan surat suara itu merupakan personil Polwan Polres Bangka Selatan.

Kapolres Bangka Selatan AKBP Toni Sarjaka melalui Kabag Ops Kompol Elpiadi mengatakan, kehadiran dua orang Polwan ini bertujuan untuk mempermudah Pengawasan dan komunikasi dalam pelaksanaan tugas, mengingat yang melaksanakan pelipatan surat suara banyak dari kalangan ibu-ibu.

“Kami sudah berkoordinasi dengan KPU Kabupaten Bangka Selatan terkait tugas Polri dalam pengamanan pelipatan surat suara yang bekerja sama dengan pengamanan internal KPU,” kata Kompol Elpiadi.

Ia menjelaskan, tugas pengamanan dalam pelipatan surat suara mengacu pada ketentuan -ketentuan atau prosedur di KPU.

Diantaranya melakukan pemeriksaan kepada setiap petugas sortir lipat yang akan memasuki ruangan, mengamankan jalannya proses sortir lipat surat suara, mengamankan barang bawaan petugas sortir lipat surat suara dan menegakkan tata tertib sortir lipat surat suara.

Adapun surat suara yang dilipat yaitu, surat suara Pilpres, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota.

“Alhamdulillah proses pelipatan surat suara hingga hari ini berjalan dengan aman tertib dan lancar dan diharapkan dapat diselesaikan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan dengan baik dan tidak melebihi waktu yang telah ditentukan,” ujarnya.