5 Tips Diet Sehat bagi Penderita Asam Lambung

SN.COM |JAKARTA – Diet bagi pengidap asam lambung merupakan hal yang tidak mudah, tetapi juga bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Meskipun telat makan sedikit saja mereka harus merasakan gejala asam lambung yang membuat perut terasa perih.

Lantas, adakah makanan diet pengidap asam lambung yang aman mereka konsumsi? Berikut 5 tips diet sehat bagi penderita asam lambung.

1. Mengganti Produk Susu yang Lebih Rendah Lemak

Dibandingkan harus mengonsumsi produk susu penuh lemak, maka cobalah untuk mengganti minuman atau produk susu, seperti yoghurt, keju, atau es krim yang rendah lemak atau bebas lemak.

Pasalnya, lemak yang terdapat dalam susu bisa memengaruhi naiknya asam lambung dan sebabkan nyeri ulu hati. Sebagai bentuk pencegahan, maka lebih baik untuk mengonsumsi susu tanpa lemak agar terhindar dari gejala-gejala yang menimbulkan rasa tidak nyaman di perut. Selain itu, cobalah susu kedelai sebagai pilihan alternatif.

2. Menghindari Makanan yang Dipanggang dan Makanan Manis

Makanan yang dipanggang bisa memiliki kandungan lemak yang tinggi. Untuk menghindari nyeri asam lambung, cobalah makanan seperti roti tawar atau pancake rendah lemak. Selain itu, hindari makanan manis seperti cokelat, biskuit, kue kering, atau peppermint. Untuk rekomendasi lainnya, kamu bisa mencoba makanan seperti agar-agar atau makanan penutup yang berbahan dasar buah. Namun, perlu diingat lagi bahwa diperlukan konsumsi buah yang tetap aman di lambung.

3. Perhatikan Kembali Konsumsi Buah-Buahan dan Sayuran yang Perlu Dihindari

Jenis buah sitrus seperti buah jeruk, lemon, jeruk limau, dan jeruk bali sebaiknya dihindari ketika sedang diet untuk para penderita asam lambung. Sebagai gantinya, cobalah untuk mengonsumsi buah segar dan beku yang aman sehingga dapat ditolerir untuk tubuh. Sama halnya dengan sayuran, hindari untuk mengonsumsi sayuran yang diolah dengan cara digoreng atau dibuat seperti sup krim.

Kemudian, perhatikan kembali untuk tidak menambahkan banyak mentega, rempah-rempah, dan saus tomat karena bisa meningkatkan risiko refluks asam lambung. Namun, kamu bisa memanfaatkan rempah-rempah seperti kunyit atau kayu manis. Ditambah lagi, masih terdapat sayuran yang cocok dikonsumsi, mulai dari brokoli, asparagus, kentang, kembang kol, dan sayuran berdaun hijau.

4. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Konsumsi makanan berserat tinggi saat diet akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama dan mencegah diri untuk makan berlebihan. Makan berlebihan tidak hanya membuat berat badan menjadi semakin bertambah, tetapi bisa membuat perut menjadi mulas.

Oleh karena itu, meningkatkan konsumsi serat bisa menjadi solusi agar tubuh tetap sehat di kala berjalannya program diet. Bahan-bahan seperti oatmeal, beras merah, ubi jalar, kacang hijau, dan sayuran hijau bisa diolah untuk menjadi makanan diet yang tetap nikmat dikonsumsi.

Jika ingin makanan yang mudah untuk dibuat dan bikin kenyang, kamu juga bisa menggunakan putih telur yang direbus. Dilansir dari Healthline, putih telur mengandung lemak yang rendah dan tinggi protein. Sementara itu, kuning telur dan telur goreng termasuk ke dalam makanan tinggi lemak yang bisa menyebabkan gejala asam lambung.

5. Pilih Makanan yang Bersifat Basa

Ketika menjalani diet, perhatikan kembali bahwa terdapat makanan yang mengandung pH rendah sehingga dapat bersifat asam. Jenis makanan ini berpeluang besar untuk menyebabkan naiknya asam lambung hingga timbul gejala dalam tubuh.

Maka dari itu, makanan dengan pH yang lebih tinggi bisa dipilih saat sedang menentukan menu diet yang tetap sehat dan ramah asam lambung. Contohnya seperti buah pisang, apel, melon, sayur kembang kol, dan kacang-kacangan.

Apabila kamu mengikuti tips diet sehat dan cepat di atas dengan baik, akan dipastikan berat badanmu turun, namun kondisi lambung tetap aman dan tidak menimbulkan perih.

Untuk lebih amannya lagi, sebaiknya kamu konsultasi ke dokter terlebih dahulu ya jika ingin menjalani diet ini. Tujuannya supaya nanti tidak menimbulkan efek samping yang akan membahayakan bagi kesehatanmu. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)