Karya Bakti Pembersihan dan Penghijauan Gunung Lawu Siap Digelar dalam Waktu Dekat

Sekilasindonews |MAGETAN – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) hebat melanda kawasan Gunung Lawu beberapa waktu lalu. Tak kurang dari 2.000 hektare lahan di sana terbakar dan menjadi gundul.

Melihat kondisi itu, TNI Angkatan Darat yang diwakili oleh Divif 2 Kostrad dan Korem 081/DSJ merasa terpanggil untuk menghijaukan kembali kawasan di Gunung Lawu serta membersihkan sampah-sampah sisa Karhutla.

Guna kesiapan dari kegiatan tersebut, Danrem 081/DSJ Kolonel Inf H. Sugiyono bersama beberapa pejabat Divif 2 Kostrad mencari sasaran yang akan dilakukan pembersihan dan penghijauan dengan mendaki Gunung Lawu dari jalur pendakian Cemoro Sewu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Sabtu (9/12/2023) pagi.

Aksi pelestarian alam yang diberi nama Karya Bakti Pembersihan dan Penghijauan Gunung Lawu itu nantinya akan dihadiri langsung oleh Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

“Insya Allah nanti dihadiri langsung oleh bapak Kasad dan ibu Gubernur. Rencanya minggu depan,” kata Danrem ditemui di lokasi.

Danrem menyebut nantinya akan ada beberapa titik lokasi di kawasan Gunung Lawu yang akan dilakukan pembersihan dan penghijauan.

“Pembersihan dan penghijauannya ada beberapa titik yang tersebar di antara pos 3 hingga pos 6 jalur pendakian Cemoro Sewu,” ujarnya.

“Tapi tidak hanya melalui jalur pendakian Cemoro Sewu di wilayah kami (Magetan), aksi serupa juga akan dilakukan lewat jalur pendakian Cemoro Kandang di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah,” imbuhnya.

Karya Bakti Pembersihan dan Penghijauan Gunung Lawu yang akan dilakukan merupakan bentuk kepedulian TNI AD untuk terus menjaga kelestarian alam.

“Kami TNI Angkatan Darat, bapak Kasad sangat peduli dan serius untuk berupaya menjaga kelestarian alam di Gunung Lawu. Bahkan atas perintah bapak Kasad, kami (TNI AD) juga telah melaksanakan karya bakti pembersihan sungai dan penanaman pohon serentak di seluruh wilayah Indonesia,” tandasnya.