Pemkab Basel Tingkatkan Kompetensi SDM Melalui Aplikasi “SP4N LAPOR!”

Sekilasindonews |BANGKA SELATAN – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan terus meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia terkait pengelola pengaduan khusus melalui aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!).

Hal demikian dikatakan oleh Asisten Administrasi Umum Gatot Wibowo, saat membuka kegiatan rapat bimbingan teknis, di Ruang Rapat Gunung Namak, Rabu (6/12/2023).

Dijelaskan Gatot, aplikasi ini berfungsi sebagai penghubung antara pemerintah dengan masyarakat dalam menyampaikan segala permasalahan yang ada dilingkungannya dengan leluasa.

“Kegiatan ini akan menjadi momentum yang menandai semakin kuatnya komitmen kita bersama sebagai pelayan masyarakat di Kabupaten Bangka Selatan, agar hal yang menjadi kekurangan dalam pelayanan publik dapat diidentifikasi dan diperbaiki oleh OPD terkait,” ujar Gatot.

“Laporan hasil pengaduan masyarakat dapat menjadi salah satu bahan evaluasi pimpinan bagi kinerja perangkat daerah dan menjadikan referensi bagi penyusunan kebijakan pemerintah daerah kedepan. Sehingga akan terwujud pelayanan publik yang lebih berkualitas, transparan, efektif dan efisien,” ungkapnya.

Selain itu, kata Gatot, aplikasi “SP4N-LAPOR!” ini merupakan sistem yang terintegrasi dalam pengelolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap penyelenggaraan pelayanan publik.

Sistem ini juga dibentuk untuk menjamin hak masyarakat agar pengaduan dari manapun dapat disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang.

“Melalui sistem ini akan terwujud Prinsip No Wrong Door Policy, dimana seluruh pengaduan dalam bentuk dan jenis apapun tersalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik dengan mudah, terpadu dan tuntas,” kata Gatot.

Gatot berharap melalui kegiatan ini, para Pejabat Pengelola Pengaduan atau Pejabat Penghubung di setiap OPD atau Unit Kerja di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dapat lebih familiar dalam mengelola dan merespon dengan cepat pengaduan masyarakat yang diterima.

“Diharapkan kepada para Admin dan Pejabat Penghubung untuk memfasilitasi aduan kepada para Pejabat OPD yang berwenang, sehingga aduan masyarakat segera memperoleh respon dari OPD terkait,” pungkasnya. (**)