Danrem 045/Gaya: Jadikan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Sekilasindonews.com|PANGKALPINANG – Komandan Korem (Danrem) 045/Garuda Jaya, Brigjen TNI A.Dedy Prasetyo menyebut, jadikan Pancasila dan semangat kebangsaan dalam Bingkai NKRI sebagai dasar negara.

Karena hal tersebut mengandung nilai-nilai luhur seperti welas asih atau empati, semangat gotong royong, semangat musyawarah untuk mufakat, serta semangat keadilan sosial dan kesejahteraan.

Hal demikian disampaikannya, saat menjadi narasumber pada kegiatan rapat koordinasi penguatan sumber daya manusia lingkup Kanwil DJPB Provinsi Bangka Belitung Tahun 2023, di Ruang Aula Lantai 2 Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bangka Belitung, Rabu (13/12/2023).

“Semangat persatuan inilah yang mendasari para bapak pendiri bangsa kita yang menjadikan pancasila sebagai asas tunggal dan sumber hukum di Indonesia,” kata Brigjen TNI A.Dedy Prasetyo.

Selain itu, ia juga mengatakan transportasi system merupakan penerapan teknologi maju di bidang elektronika, komputer dan telekomunikasi yang dipadu dengan prinsip manajemen strategi untuk meningkatkan fungsi transportasi.

“Tujuan pertahanan negara menjaga dan melindungi, kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI, keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman fungsi pertahanan mewujudkan dan mempertahankan seluruh wilayah NKRI sebagai satu kesatuan pertahanan,” ujarnya.

Ia juga meminta kepada para peserta untuk waspada terhadap pengaruh intoleran dan radikalisme. Selain itu, ia juga meminta agar bijak dalam menanggapi isi berita medsos,

Sebelum memilah dan memilih konten agama di internet, lanjutnya, harus disaring terlebih dahulu, lakukan cross check dengan sumber lain, agar dapat membuka wawasan tentang pengetahuan keagamaan dan toleransi, serta memperkaya pengetahuan agama dari guru dan literasi yang kredibel.

“Indonesia harus mempunyai visi menjadi bangsa yang maju, terhormat, bermartabat, sejajar dengan bangsa lain,” ungkapnya.

“Segenap komponen bangsa harus berkomitmen dalam menjunjung tinggi semangat dan keinginan luhur untuk membela ibu pertiwi sampai akhir hayat dan bangga menjadi warga negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila,” tegasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Wilayah DJPb Bangka Belitung Edih Mulyadi, Ka KPPN Tj Pandan, Ka. KPPN PK. Pinang, ka KPP Pk. Pinang, ka KPP Bangka dan para pejabat Kemenkeu lingkup Provinsi Bangka Belitung dan hadirin lainnnya.