Ini Amalan Bulan Rajab yang Wajib Dilakukan

Opini, Uncategorized131 Dilihat

SEKILASINDONEWS.COM – Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang di dalamnya terdapat banyak kemuliaan di dalamnya, sebab banyak amalan sunnah untuk menambah keimanan dan pahala kebaikan setiap umat Islam di seluruh dunia.

Dalam keistimewaan dan keutamaan bulan rajab, dalam Al-Quran dan hadis, terdapat petunjuk-petunjuk yang menggarisbawahi pentingnya memanfaatkan bulan ini untuk melakukan amal baik.

Dengan melakukan amalan-amalan sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, sebagai salah satu sarana pendekatan hamba kepada Allah SWT.

Berikut amalan-amalan yang wajib kamu lakukan agar tidak rugi di hari mendatang:

1. Menggapai Ridho Allah SWT

Salah satu ayat Al-Quran yang relevan dengan bulan rajab adalah Surah Al-Baqarah (2:197), yang berbunyi: “Dan janganlah kamu membuat susah-mudah (menghalang-halangi) dalam perjalanan menuju (tempat) I’tikaf dari masjid ke masjid dengan niat mencari keridhaan Allah.”

Surah Al-Baqarah ayat 197 menekankan pentingnya menjalankan ibadah I’tikaf, yang merupakan amalan di mana seorang Muslim mengisolasi diri di dalam masjid untuk beribadah dan merenungi diri selama periode tertentu. tentu dengan ibadah i’tikaf yang dilakukan semata-mata karena Allah SWT. Karena untuk tujuan umat manusia ialah mencari ridho Allah SWT melalui aktivitas yang dijalankan manusia, salah satunya meningkatkan ibadah sunnah.

2. Puasa Sunnah Rajab

Hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim, yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Salallahu Allaihi Wassalam bersabda, “Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan umatku.”

Hadis ini menunjukkan bahwa Nabi memiliki kekhususan sebagai bulan yang dihormati oleh Allah, dan sebagai umat Muslim, kita dianjurkan untuk meningkatkan amal ibadah dan ketaqwaan selama bulan ini.

Salah satu amalan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW yakni dengan melakukan puasa sunnah, sebagaimana Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam terbiasa melakukan puasa pada beberapa hari di bulan Rajab. Meskipun tidak diwajibkan, puasa sunnah ini dianjurkan untuk meningkatkan ketaqwaan dan mendekatkan diri kepada Allah.

Beberapa hari yang dianjurkan untuk berpuasa adalah pada tanggal 1, 2, dan 27 Rajab.

3. Perbanyak Membaca Istighfar

Kemudian ada amalan lainnya yang dapat dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia, yakni dengan memperbanyak membaca istighfar, atau meminta ampunan kepada Allah.

Dalam sebuah hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa pada satu hari di bulan Rajab dan diikuti oleh puasa sebulan penuh di bulan Sya’ban, maka dia akan mendapatkan pahala seperti berpuasa setahun penuh.”

Amalan puasa pada bulan-bulan ini merupakan bentuk ketundukan dan peningkatan spiritualitas.

Sebagaimana banyak fadhilah atau keutamaan dengan memperbanyak membaca istighfar, harapannya akan menjadi pembiasaan baik kita, agar harapan dan aktivitas kita dijaga dan dilancarkan oleh Allah SWT.

4. Sholat Sunnah

Selain itu, Bulan Rajab juga merupakan waktu yang baik untuk meningkatkan ibadah shalat. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam bersabda, “Jika seseorang melaksanakan empat rakaat shalat sehari semalam pada bulan-bulan Haram atau dua bulan Sya’ban, maka dia akan mendapatkan keutamaan yang sama seperti melaksanakan empat rakaat shalat pada Hari Arafah dan tiga rakaat pada malam Nisfu Sya’ban.”

Amalan shalat yang dilakukan dengan keikhlasan dan penuh tawadhu dapat menjadi sarana mendekatkan diri kepada Allah.

5. Bersedekah

Bulan Rajab juga menyerukan untuk meningkatkan amal kebaikan dan bersedekah. Sebagaimana disebutkan dalam Surah Al-Baqarah (2:267), “Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu.”

Memberikan sedekah pada bulan Rajab merupakan wujud kepedulian terhadap sesama dan memperbanyak amal kebaikan.

​​Memperbanyak amal kebaikan dan bersedekah kepada yang membutuhkan juga termasuk sunnah di bulan Rajab.

Rasulullah SAW sangat menganjurkan untuk memberikan sedekah dan berbuat baik kepada sesama.

Dalam menghadapi Bulan Rajab, kita diingatkan untuk merenungkan diri, melakukan introspeksi, dan memperbaiki diri dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah.

Dengan melibatkan diri dalam amalan-amalan yang dianjurkan, seperti I’tikaf, puasa, shalat, dan sedekah, kita dapat mengalami pertumbuhan spiritual yang mendalam.

Semoga bulan suci ini menjadi momentum bagi umat Muslim untuk mempererat hubungan dengan Allah, meningkatkan kualitas ibadah, dan membawa perubahan positif dalam kehidupan sehari-hari.