Pemkab Basel Awasi Dana Desa dengan Aplikasi Siswaskeudes

SN.COM |TOBOALI – Guna untuk meningkatkan kualitas pengawasan keuangan desa, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan bakal menerapkan aplikasi Sistem Pengawasan Keuangan Desa atau Siswaskeudes di seluruh Desa.

Penerapan aplikasi ini diyakini bisa mencegah penyalahgunaan wewenang dan tindakan korupsi di tingkat Desa.

“Kita bersama Dinas Pemdes dan Dinas Kominfo berkolaborasi untuk segera menerapkan Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeuses). Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pengawasan keuangan desa di Kabupaten Bangka Selatan,” kata Kepala Inspektorat Bangka Selatan, PD Marpaung, Selasa (16/1/2024).

Dikatakan Marpaung, penggunaan aplikasi Siswaskeudes ini akan di terapkan di lima puluh Desa yang ada di Kabupaten Bangka Selatan.

Menurut dia, dengan adanya aplikasi Siswaskeudes ini, diharapkan dapat meningkatkan pekerjaan di setiap desa menjadi lebih cepat dan efisien.

“Ada lima puluh desa se-Bangka Selatan dan disaat yang sama kami Inspektorat harus melakukan pembinaan dan pengawasan ke masing-masing desa,” ujar Marpaung.

“Kami berharap dengan adanya aplikasi Siswaskeudes ini pengelolaan keuangan desa lebih berkualitas, akuntabel dan efektif,” tukasnya.

Sementara, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfo Bangka Selatan, Yuri Siswanto menjelaskan pihak Diskominfo akan mendukung penerapan Aplikasi Siswaskeudes di Bangka Selatan.

“Tentu kami (Diskominfo_red) akan mendukung. Apalagi penerapan Siswaskeudes ini tidak akan terlepas dari siskeudes yang sudah terlebih dahulu dioperasikan oleh teman teman Dinas Pemdes,” ujar Yuri.

Yuri juga memastikan, kedua sistem informasi tersebut akan segera di integrasikan oleh tim IT Diskominfo Basel, agar nantinya pelaksanaan pengawasan keuangan desa lebih mudah dan efisien.

“Tim IT Dinas Kominfo sendiri secara teknis sudah berkomunikasi intens dengan admin dan operator sistem dari Pemdes maupun Inspektorat. Target dan komitmen kita, sistem ini segera dapat diterapkan dalam waktu dekat ini,” pungkasnya.