Pemilu Semakin Dekat, ASN Wajib Jaga Netralitas

SN.COM |BANGKA SELATAN – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan semakin gencar melaksanakan strategi pencegahan terhadap pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui kampanye edukasi dengan mendistribusikan informasi x banner ke seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah tersebut.

Kampanye edukasi ini dilakukan untuk mencegah agar ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan harus menjaga sikap netralitas. Selain itu, ASN juga dilarang gemborkan pilihan mereka di sosial media (sosmed).

“Kami bersungguh-sungguh dalam menjaga netralitas ASN sebagai fondasi demokrasi yang sehat, melalui x banner ini sebagai simbol komitmen bersama untuk memastikan bahwa seluruh ASN memahami batasan keterlibatan mereka dalam proses politik,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan, Amri, kepada wartawan, Jum’at (29/12/2023).

Amri menjelaskan, langkah proaktif yang dilakukan oleh Bawaslu Bangka Selatan ini mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, termasuk OPD dan masyarakat setempat.

“Alhamdulillah mereka (ASN_red) sangat mengapresiasi, dengan adanya pendekatan inovatif seperti x Banner ini dapat membantu mereka memahami peran mereka dengan lebih baik dalam konteks pemilihan,” ujar Amri.

Amri berharap, inisiatif Bawaslu ini diharapkan tidak hanya menjadi langkah pencegahan, tetapi juga menjadi tonggak penting dalam membentuk kesadaran kolektif akan netralitas ASN di Kabupaten Bangka Selatan.

“Dengan menyebarkan informasi yang kreatif dan mudah diingat, kami berharap pesan tentang netralitas ASN dapat meresap dengan lebih efektif dan kami juga berkomitmen untuk menjaga agar seluruh ASN tetap netral dan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis yang dapat mempengaruhi jalannya proses pemilihan,” pungkasnya.