Pemkab Bangka Selatan Terima Bantuan Kapal Nelayan Dari Kemsos RI

SEKILASINDONEWS, BANGKA SELATAN – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan mendapatkan bantuan dari Mentri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini berupa 26 unit kapal tangkap ikan dan 5 GT senilai Rp. 6.743.102.250.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Mensos RI Tri Rismarini dan diterima langsung oleh Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid di Kampung Nelayan 1, Sungailiat, Kabupaten Bangka pada Selasa (4/7/23).

Mentri Sosial RI, Tri Rismaharini mengatakan, penyerahan bantuan kapal tangkap ikan ini merupakan salah satu upaya nyata pemerintah dalam mendukung sektor perikanan terutama di Kabupaten Bangka Selatan.

Menurutnya, bantuan ini merupakan langkah proaktif, dengan menyerahkan bantuan kapal tangkap ikan kepada nelayan di Provinsi Kabupaten Bangka Selatan. Bertujuan untuk memberdayakan masyarakat nelayan dan meningkatkan pendapatan mereka.

“Kapal-kapal baru yang diberikan akan memungkinkan nelayan untuk melaut dan menangkap ikan dengan lebih efisien. Ini akan meningkatkan kapasitas mereka dalam menangkap hasil laut yang melimpah, sehingga berdampak positif terhadap penghasilan dan kesejahteraan nelayan,” kata Risma sapaan akrabnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat nelayan, untuk bisa meningkatkan strategi pemasaran. Menurut dia, hal ini sangat penting untuk meningkatkan daya saing produk perikanan, seperti memahami tuntutan pasar, tren konsumen, dan memanfaatkan teknologi informasi, agar bisa memasarkan hasil tangkapan para nelayan.

“Kelompok Nelayan ini juga perlu membuat koperasi sebagai wadah masyarakat nelayan untuk bekerja sama, saling mendukung, dan meningkatkan daya saing produk perikanan mereka. Dengan bergabung dalam koperasi, nelayan dapat memperoleh manfaat kolaborasi dalam pemasaran, pengadaan peralatan, serta akses ke pelatihan dan bantuan teknis,” imbaunya.

Selain itu, Risma juga mendorong peran ibu-ibu dalam masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan ekonomi, agar para ibu-ibu nelayan dapat mengembangkan kerajinan atau produksi rumah tangga yang berkaitan dengan sektor perikanan.

“Melalui kegiatan ini, saya menganjurkan agar para ibu-ibu nelayan dapat mengembangkan kerajinan atau produksi rumah tangga yang berkaitan dengan sektor perikanan. Hal ini akan memberikan kesempatan bagi para ibu-ibu untuk berkontribusi secara ekonomi dan meningkatkan pendapatan keluarga mereka,” ujarnya.

Sementara, Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid berharap, dengan adanya bantuan ini hasil produksi perikanan Kabupaten Bangka Selatan akan memiliki nilai daya saing yang tinggi.

Selain itu, masyarakat nelayan juga akan mampu memasarkan produk mereka secara efektif, sehingga meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan terhadap nelayan.

Sehingga potensi ekonomi lokal akan terstimulasi melalui pembentukan koperasi dan pengembangan kerajinan serta produksi rumah tangga yang terkait dengan sektor perikanan.

“Melalui inisiatif dan bantuan dari Menteri Sosial Ibu Risma, Kabupaten Bangka Selatan juga diharapkan dapat menjadi contoh yang sukses dalam pengembangan sektor perikanan. Kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat nelayan akan menjadi kunci kesuksesan dalam mencapai peningkatan yang signifikan dalam sektor ini,” ujar Riza.

“Semoga langkah-langkah ini dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi nelayan dan masyarakat Kabupaten Bangka Selatan secara keseluruhan,” tuturnya.

 

Sumber : Diskominfo Basel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *