Pemkab Basel Tetapkan Desa Payung Sebagai Kampung Moderasi Beragama

Sekilasindonews.com, Bangka Selatan – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan telah menetapkan Desa Payung menjadi percontohan kampung moderasi beragama.

Penetapan ini dilakukan guna untuk mewujudkan kerukunan umat beragama dalam menjaga NKRI di Kabupaten Bangka Selatan.

Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi mengatakan, ditetapkannya Desa Payung sebagai kampung moderasi beragama sangat lah tepat. Mengingat berbagai agama dan ras ada di Desa Payung.

“Dari dulu hingga sekarang, Desa Payung zero konflik dan relatif damai, sehingga wajar kalau Kementerian Agama Bangka Selatan menetapkannya sebagai percontohan kampung moderasi beragama,” kata Debby, saat melakukan launching kampung moderasi beragama, di Desa Payung, Selasa (25/7/2023).

Ia juga menjelaskan, saat ini Pemkab Bangka Selatan sedang giat-giatnya dalam membangun daerah di segala bidang, terutama dalam bidang agama. Menurut dia, agama adalah sebagai tolak ukur kesejahteraan lahir batin.

“Karena kita yakin bahwa dengan menanamkan nilai-nilai agama di tengah keluarga dan masyarakat, kita dapat merasakan indahnya hidup yang hakiki,” jelas dia.

Oleh karena itu, lanjut Debby, hadirnya Kementerian agama dan organisasi keagamaan seperti, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) sangat penting sebagai pelopor guna menciptakan rasa rukun dan damai di Negeri Junjung Besaoh.

“Untuk itu, saya sangat apresiasi kepada semua pihak, terutama Kemenag Basel dan organisasi keagamaan lainnya yang telah bersinergi dalam mewujudkan kerukunan beragama di Bangka Selatan,” ucapnya.

Ia berharap, dengan kondisi rukun seperti ini hendaknya selalu dilestarikan dan dijaga, agar tidak ternodai oleh kepentingan yang mengatasnamakan agama.

“Semoga kedepan Bangka Selatan selalu tercipta kedamaian tanpa merendahkan satu sama lainnya,” Demikian kata Debby. (Riki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *