Personil Korem 045/Gaya Lakukan Karya Bakti Bersihkan Saluran Air

Sekilasindonews |PANGKALPINANG – Personil Korem 045/Garuda Jaya, Provinsi Bangka Belitung, melaksanakan karya bakti pembersihan saluran air atau selokan, di Jalan Veteran Parit Lalang, Kecamatan Rangkui, Kota Pangkalpinang, Sabtu (09/12/2023).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Danrem 045/Gaya, Brigjen TNI A.Dedy Prasetyo tersebut dalam rangka Hari Bakti HUT Kodam II/Sriwijaya yang ke 78 tahun.

Brigjen TNI A. Dedy Prasetyo, mengatakan bahwa sebagaimana di ketahui bersama bahwa kedepan akan menghadapi musim penghujan dimana berapa tahun lalu adanya banjir besar melanda Kota Pangkalpinang.

“Kita tidak boleh membiarkan lahan disekitar kita menjadi rusak, terbengkalai yang hanya ditumbuhi oleh rumput semak-semak atau bahkan gersang tidak ada tanaman sama sekali,” kata Dedy.

Dijelaskan Dedy, kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan munculnya wabah penyakit.

“Maka dari itu, jajaran TNI di Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan kegiatan Karya Bakti dengan mengambil sasaran berupa penghijauan dan pembersihan parit serta gorong- gorong di seputaran perumahan,” ujarnya.

Menurutnya, kebiasaan membuang sampah sembarangan masih terjadi di mana-mana, dan dilakukan oleh kalangan manapun. Padahal penghijauan sangatlah berguna bagi kehidupan manusia dalam melestarikan dan menjaga keseimbangan alam.

“Kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini, sebagai salah satu wujud kepedulian jajaran TNI di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam mendukung program pemerintah untuk melestarikan lingkungan guna menjaga keseimbangan lingkungan hidup,” pungkasnya.

Sementara, selain kegiatan Karya Bakti Pembersihan Saluran Air, pihak Korem 045/Gaya juga melakukan pembagian Sembako kepada Masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kabinda Babel diwakili KBDO Binda Babel, Kajati Babel diwakili Kabag TU, Kasrem 045/Gaya, Para Kasi Kasrem 045/Gaya, Pabung Bangka, Danyonif 147/KGJ, Kapolresta di Wakili oleh kapolsek Bukit Intan, Perwakilan Basarnas Babel, Kepala BNN kota, Danlanal Babel di wakili, Dansupdenpom II/4-2 Bangka.