Pj Gubernur Babel Tantang PWI Tanam 1 Juta Pohon di 2024

SN.COM |SUNGAILIAT – Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA menantang Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bangka Belitung menanam 1 juta pohon diseluruh Bangka Belitung.

Hal ini disampaikan oleh Safrizal ZA saat kegiatan Penanaman Pohon Kayu Putih oleh PWI Bangka Belitung dalam rangka HUT KE 23 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan HUT Ke 32 PDAM Tirta Bangka di Kolong Dam 1 Pemali Kamis (28/12/2023).

“Saya apresiasi dan suport kegiatan PWI Bangka Belitung ini saya ajak dan tantang PWI bersama Pemprov Kepulauan Bangka Belitung melakukan penanaman serentak 1 juta pohon di Bulan Juni 2024 nanti nanti kita siapkan bibitnya. Ya kalau tak mampu kita pecH dua 500.000 pertama dan 500.000 kedua tanam pohonny,” kata Safrizal.

Kegiatan penanaman 500 batang bibit pohon kayu putih yang bertajuk “Ayo Lestarikan Lingkungan & Selamatkan Sumber Air Baku Masyarakat Kabupaten Bangka” itu, upaya PWI Babel untuk mengusir tambang ilegal yang ada di Kolong Dam 1 Pemali, Bangka.

Tanaman kayu putih dipilih karena pohon ini bisa hidup di lahan dengan kondisi tandus sekalipun, yang mana ini menjadi solusi bagi lahan kritis yang ada di Kepulauan Babel.

Oleh karena itu, Safrizal mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh pengurus PWI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang telah menginisiasi kegiatan tersebut.

“Saya sangat berterima kasih kepada rekan-rekan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Kep. Babel yang telah menginisiasi kegiatan seperti ini. Ini sungguh luar biasa,” puji Safrizal.

Dikatakan oleh orang nomor satu di Kepulauan Babel tersebut, dirinya menargetkan ada penanaman pohon secara besar-besaran di tahun 2024. Termasuk membentuk satgas tanam, guna melestarikan lingkungan, kualitas air, dan tutupan hutan.

“Nanti tahun depan akan kita buatkan satgas tanam. Besar-besaran kita menanam di 2024. Saya tantang untuk menanam satu juta pohon. Nanti, minta tolong Pak Kadis LHK mencarikan lahan-lahan yang perlu untuk kita tanam,” ujar Safrizal.

Pria kelahiran tahun 1970 itu pun menambahkan bahwa dirinya menginginkan seluruh pihak turut serta dalam gerakan penanaman pohon tersebut, baik itu instansi atau lembaga maupun masyarakat.

“Nanti semuanya harus berpartisipasi menanam pohon ini. Baik itu dari TNI/Polri, ASN, wartawan, TP PKK, Linmas, maupun masyarakat kita,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Rudi Syahwani mengatakan kalau saja semua berkomitmen untuk menjaga Dam 1 Pemali tidak akan ada penambangan dikawasan sumber air baku PDAM Tirta Bangka ini.

Namun sangat disayangkan ada pihak pihak tertentu yang mendorong bahkan bisa dikatakan membekingi penambang. PWI Bangka Belitung dipastikan akan terus mengawasi kawasan yang telah ditanami pohon pohon di Dam 1 Pemali.

“Kalau masih ada yang nambang akan kita beritakan kawanan Kolong Dam 1 Pemali selain merupakan air baku PDAM Tirta Bangka juga masuk dalam kawasan hutan,” kata Rudi Syahwani. (red)