PLN Lakukan Sosialisasi dan Edukasi ke Masyarakat Tentang Bahaya Listrik Jaringan SUTT 150 kV

SN.COM|PANGKALPINANG – Pada awal Tahun 2024 ini PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pambangkitan (UPK) Bangka Belitung (Babel) melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terhadap bahaya listrik di Jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV.

Hal ini dilakukan saat petugas Ground Patrol Tower SUTT 150 kV PLN UPK Babel melakukan patroli terdapat kegiatan Tambang Inkonvensional (TI) yang beroperasi disekitar tapak tower SUTT nomor 174 di Desa Air Belo, jalur transmisi 150 kV line GI Kelapa – GI Mentok.

Tentunya kegiatan TI ini sangat berbahaya bagi keselamatan instalasi listrik dan keselamatan masyarakat umum jika kegiatan tersebut sangat dekat dengan Tower SUTT 150 kV.

PLN bersama pemerintah Desa setempat melakukan peninjauan bersama melihat kondisi tower SUTT daerah yang rawan kegiatan Tambang Inkonvensional (TI) di desa Air Belo Bangka Barat.

Sebagai langkah pencegahan agar masyarakat yang melakukan kegiatan penambangan timah tidak terlalu dekat dengan Tower SUTT.

Manager PLN Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Bangka, Ebtian Apriantoro, mengatakan untuk menjaga kehandalan sistem Tim ULTG Bangka melakukan langkah pencegahan terhadap potensi gangguan jaringan transmisi SUTT.

“Mengetahui temuan dari Petugas Ground Patrol, PLN gerak cepat mengajak perangkat Desa memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar tidak melakukan penambangan terlalu dekat dengan tower SUTT”, sebut Ebtian.

Sekretaris Desa Air Belo, Yoga yang ikut meninjau kegiatan dilapangan menyampaikan pihak Desa siap berkolaborasi dengan PLN untuk menjaga aset Tower PLN demi kepentingan bersama.

“Aparat pemerintahan desa Air Belo menyambut baik apa yang disampaikan PLN dan akan terus mengingatkan masyarakat kami yang beraktivitas disekitar Tower PLN serta mengucapkan terimakasih atas koordinasi yang baik terjalin antara PLN dan aparat pemerintah desa Air Belo”, ungkap Yoga.

Manager PLN UPK Babel, Wayan Budi Laksana menambahkan sebagai langkah proaktif untuk mencegah gangguan listrik, risiko kecelakaan dan melindungi keselamatan masyarakat.

PLN juga terus berkomitmen untuk terus meningkatkan upaya dalam menjaga keandalan listrik dan keselamatan masyarakat.

“Kami menghimbau agar masyarakat tidak berkegiatan di kaki tower SUTT dan kami juga telah memasang tanda peringatan dan pembatasan di sekitar kaki tower SUTT agar dapat dipatuhi semua tanda tersebut dan hindari melanggar batasan-batasan yang telah ditentukan,” kata dia.

“Jika masyarakat melihat atau mengalami situasi darurat disekitar kaki tower SUTT, segera hubungi nomor darurat setempat atau PLN untuk mendapatkan bantuan”, tutup Wayan.