PT Timah Tbk Laksanakan Beragam Program TJSL di Tahun 2023 

SN.COM |PANGKALPINANG – Melalui Program Tanggungjawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT Timah Tbk sepanjang tahun 2023 telah melaksanakan berbagai program untuk menggerakkan ekonomi masyarakat.

Hal ini dilakukan guna untuk memberikan dampak ekonomi secara berkelanjutan bagi masyarakat yang ada di lingkar tambang.

Program TJSL PT Timah Tbk dilaksanakan PT Timah Tbk menyentuh berbagai aspek mulai dari pendidikan, kesehatan, ekonomi, olaharaga, infrastruktur masyarakat, UMKM dan kebencanaan.

Anggota holding industri pertambangan MIND ID, PT Timah Tbk dalam melaksanakan program TJSL juga diselaraskan dengan prinsip-prinsip Suistainable Development Goals (SDGs).

Adapun program unggulan TJSL PT Timah Tbk yang dilaksanakan pada tahun 2023 seperti berkloborasi dengan nelayan membuat tempat pemancingan dan Taman Karang, penananam Nanas Badau di lahan bekas tambang, jaminan Sosial bagi Nelayan, Kelompok Rentan dan Disabilitas.

Dalam aspek pendidikan PT Timah Tbk melaksanakan program Timah Mengajar, “Pemali Boarding School” dan Peningkatan Kompetensi Guru.

Selain itu, Emiten Berkode TINS ini jug melakukan Mitigasi Perubahan Iklim dengan melakukan Penanaman Mangrove, pengembangan Kompetensi dan kapasitas Pemuda

perbaikan infrastruktur dan social, Oto Sehat (Timah Sekawa) dan TIMAH Go Sihat dan Peningkatan Kapasitas Masyarakat Adat “Orang Lom”, peningkatan kapasitas Mitra Pembangunan dan Program ERG tanggap bencana.

Tak hanya itu PT Timah Tbk juga mendukung program pengembangan usaha UMKM melalui Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) untuk membantu permodalan UMKM dan Peningkatan Kompetensi dan Kapasitas UMK melalui pelatihan dan workshop.

Dipenghujung tahun 2023, PT Timah Tbk menyalurkan bantuan sarana olahraga kepada Persatuan Sepak Bola Baru (PSB) Desa Gantung, Kecamatan Gantung, Belitung Timur. Bantuan ini sebagai upaya PT Timah Tbk berkolaborasi mendukung perkembangan dunia olahraga Desa Gantung tersebut.

Ketua PSB Mawardi mengatakan, mereka sangat bersyukur mendapatkan bantuan PT Timah Tbk. Bantuan itu akan digunakan untuk keperluan perlengkapan tim sepak bola mereka.

“Kita memang mengajukan bantuan untuk perlengkapan, seperti bola kaki, rompi, tiang gawang U12 dan U10,” kata Mawardi.

Senada, salah satu mitra binaan PT Timah Tbk Dahlena mengatakan, banyak sekali manfaat yang diperolehnya dengan menjadi mitra binaan PT Timah Tbk. Selain dibantu pemasaran mereka juga dilibatkan dalam berbagai pelatihan.

“Saya berharap program PUMK PT Timah Tbk dapat terus berlanjut, karena ini sangat membantu dan memudahkan pelaku UMKM untuk bisa mengembangkan usahanya,” tandasnya.

Sama halnya dengan yang diutarakan Ketua Nelayan Kecamatan Kundur Barat Ahmad yang menerima bantuan alat tangkap jaring dari program TJSL PT Timah Tbk mengapresiasi komitmen PT Timah Tbk yang telah mendukung peningkatan alat tangkap nelayan.

“Mayoritas nelayan di Kundur Barat ini nelayan tradisional, sehingga masih banyak kebutuhan dan perlengkapan yang kurang memadai untuk digunakan bekerja. Sehingga hasilnya juga belum memuaskan dan perhatian dan support dari perusahaan senantiasa kita butuhkan,” katanya.

Ia berharap, dengan adanya bantuan alat tangkap dari PT Timah Tbk ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat nelayan.

“Koordinasi dan hubungan yang baik selama ini antara nelayan dan perusahaan dapat terus terjaga. Kami juga mendoakan semoga PT Timah dapat terus berkembang dan maju sehingga memberikan dampak positif bagi masyarakat,” tandasnya. (*)