Ratusan Ribu Lembar “Susu” Tiba di Gudang Logistik KPU Bangka Selatan

Sekilasindonews.com|Bangka Selatan – Ratusan ribu lembar Surat suara “Susu” untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 serentak tiba di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan, Rabu (20/12/2023) siang.

Kedatangan surat suara yang di angkut menggunakan mobil kontainer dan mobil truk tersebut, dikawal ketat oleh pihak Kepolisian Polres Bangka Selatan.

Surat suara yang tiba tersebut merupakan jenis surat suara Pilpres, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan DPD.

Ketua KPU Bangka Selatan, Muhidin mengatakan surat suara yang tiba di gudang logistik KPU Bangka Selatan sebanyak 1.308 koli atau 654.000 surat suara.

“Total surat suara yang kita terima ada 1.308 koli, terdiri dari surat suara presiden dan wakil presiden ada 78 koli, DPR RI ada 305 koli, DPD 305 koli, DPRD Provinsi ada 305 koli, sedangkan untuk DPRD Kabupaten ada 315 koli. Untuk 1 koli berisikan 500 surat suara,” kata Muhidin.

Dijelaskan Muhidin, surat suara yang tiba di gudang logistik KPU Basel nantinya akan di sortir kembali dan dilakukan pelipatan dengan cara bersamaan.

“Jadi secara bersamaan yang insyaallah kita laksanakan di awal-awal bulan Januari akan kita lakukan sortir dan lipat terhadap surat suara tersebut,” jelasnya.

Disamping itu, ia juga menjelaskan ada beberapa kotak surat suara ditemukan mengalami kerusakan akibat terkena hujan pada saat dalam perjalanan menuju gudang logistik KPU Bangka Selatan. Namun saat di lakukan pengecekan, isi surat suara tersebut aman dan tidak mengalami kerusakan.

“Kalau lihat dari luar memang ada beberapa kotak yang basah, tapi ketika kita cek isi didalamnya alhamdulillah tidak ada yang mengalami kerusakan,” ujarnya.

“Namun untuk lebih lanjut nanti kita akan cek kembali di tahap sortir dan pelipatan nanti dan sekalian untuk pengecekan ulang. Tapi harapan kita sih mudah-mudahan tidak ada kerusakan terhadap surat suara tersebut,” pungkasnya.