Ribuan Warga Banjiri Pembukaan Event Parittiga Expo 2024

SN.COM |BANGKA BARAT – Ribuan warga masyarakat Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat membanjiri pembukaan Event Parittiga Expo 2024 yang dilaksanakan di Lapangan Ex Garasi, pada Jum’at (12/1/2024) malam.

Event Parittiga Expo 2024 yang secara resmi dibuka oleh Camat Parittiga, Adhian Zulhajjany itu dalam rangka untuk memeriahkan Hari Jadi Kecamatan Parittiga ke-13 tahun.

Camat Parittiga, Adhian Zulhajjany mengatakan, Event ini baru pertama kali diadakan oleh Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Parittiga.

“Semoga berlangsung dengan semarak, banyak masyarakat yang hadir dan menyukseskan acara ini,” ungkap Camat Parittiga, Adhian Zulhajjany saat membuka Parittiga Expo 2024.

Adhian menjelaskan kegiatan ini direncanakan akan berlangsung selama 3 hari, mulai dari tanggal 12 hingga 14 Januari 2024.

Adhian menambahkan, event tersebut digelar selain merayakan hari jadi Kecamatan Parittiga ke-13, juga dimaksudkan untuk mengenalkan produk-produk komoditas pertanian, perkebunan, dan perikanan serta produk UMKM yang ada di Kecamatan Parittiga agar dapat berkembang dan dikenal lebih luas.

“Ini adalah upaya kami menjaga stabilitas perekonomian pasca tambang, ingin mengenalkan dan melestarikan keberagamaan seni budaya yang ada di Parittiga,” ujar Adhian.

Ia juga menyebut, event Parittiga Expo 2024 ini akan ditampilkan banyak hiburan bagi masyarakat. Diantaranya akan menghadirkan artis ibu kota Ary Goliath dan Cinta LIDA, hingga stand UMKM dan stand Pemerintah Desa Se-Kecamatan Parittiga.

“Selain itu ada juga bazar UMKM, fun run, festival band, kontes durian, lokal pride, donor darah, cek kesehatan gratis dan sosialisasi dari penyelenggara Pemilu 2024,” jelasnya.

Adhian juga mengungkapkan, perbedaan gelaran Parittiga Expo dengan Expo lainnya, hanya terdapat pada cara penyajiannya yang berbeda.

“Bedanya disini, adanya stand-stand Desa yang menampilkan potensi-potensi yang ada dan berkembang di desanya masing-masing. Seperti perkebunan dan perikanan dan lain lain,” ungkapnya,

Sementara itu, Ketua TP PKK dan DWP Kecamatan Parittiga, Ilvie Aprilia, mengajak masyarakat Parittiga khususnya dan masyarakat Babel umumnya untuk mengunjungi Parittiga Expo 2024 serta turut menyukseskan event tersebut.

Ilvie mengatakan, ada 10 stand desa yang ikut bergabung memeriahkan kegiatan pameran tersebut. Dan mengajak masyarakat Parittiga dan sekitarnya untuk menghadiri event Expo 2024.

“Kami mengajak kepada seluruh masyarakat turut memeriahkan dan berbondong-bondong datang ke Parittiga Expo 2024 dan semoga expo ini berjalan sukses. Dengan bersama, kite ge pacak,” ujarnya.

Fun Run Expo 2024

Salah seorang crew, Lino menyebutkan, dalam Parittiga Expo 2024 ini juga akan digelar Fun Run pada Sabtu (13/1/2024) pagi.

Dikatakannya, acara Fun Run akan dimulai jam 6.30 pagi, dengan peserta ditargetkan sebanyak 1000 orang itu akan mengambil rute start dari lapangan Ex Garasi ke jalan rambat menuju jalan SMK 1 Parittiga, lalu melewati jembatan salim, dan finish kembali ke lapangan Ex Garasi Parittiga.

“Peserta kami targetkan 1000 lebih, agar lebih semarak. Ada hadiah menarik yang bisa diperebutkan,” ucap Lino.

Stand Pertanian Expo 2024

Arief Rakhman Hakim, Ketua Karang Taruna Bina Muda Kecamatan Parittiga, turut berpartisipasi memeriahkan Expo 2024 tersebut, dengan mendirikan stand Pertanian.

Di stand tersebut ditampilkan bibit pohon durian dan alpukat, sekaligus menjual buah durian, buah cempedak, dan alpukat serta pupuk rumput laut.

“Disini kami bersama rekan-rekan Karang Taruna Bina Muda tampilkan beberapa bibit buah durian dan alpukat, juga sekaligus menjual durian dan cempedak,” ungkap Arief.

Ia pun berharap, komoditas pertanian khususnya Durian asli Bangka Barat dapat mendunia dan bersaing dengan durian dari negara lain.

“Seperti Thailand dengan varian Monthong, juga Malaysia memiliki varian Musang King, dan Duri Hitam. Yang kita tahu, durian super tembaga, asal Bangka Barat yakni Klamunod yang merupakan varian unggul nasional,” tutupnya.