Memastikan Alat dan Mutu Komunikasi Pengamanan Pemilu, Tim Puslitbang Polri Datangi Polres Basel

Sekilasindonews.com, Bangka Selatan – Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Polisi Republik Indonesia atau Puslitbang Polri, Polda Kepulauan Bangka Belitung mendatangi Polres Bangka Selatan, Selasa (25/7/2023).

Kedatangan mereka ke Polres Basel untuk melakukan penelitian dan evaluasi terhadap mutu alat komunikasi Polri dalam mendukung pelaksanaan tugas Kepolisian terkait pengamanan Pemilu 2024 mendatang.

“Kegiatan yang dilakukan oleh tim Puslitbang Polri, Polda Babel tersebut untuk mengecek dan mengevaluasi seluruh kesiapan, terutama evaluasi mutu alat komunikasi saat pengamanan Pemilu yang ada di Polres Basel. Karena kegiatan pemilu merupakan salah satu proses demokrasi yang harus dilakukan secara berkala di Indonesia.ujar Wakapolres Basel, Hari Kartono, seizin Polres Basel, AKBP Toni Sarjaka, Selasa (25/7/2023).

Ia menjelaskan, setiap tahapan pemilu akan memiliki potensi gangguan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat yang berbeda-beda. Oleh karena itu, harus diselesaikan juga dengan eskalasi yang berbeda-beda, agar pengamanan pemilu dapat berjalan aman, tertib dan lancar.

“Bagi Polri sendiri adanya pesta demokrasi menjadi tantangan yang harus terselesaikah dengan baik, karena Kepolisian menjadi salah satu ujung tombak yang mengamankan jalannya Pemilu. Hal ini sesuai dengan amanah yang diemban Polri dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi yang tertuang dalam undang-undang,” jelas dia.

Hari menambahkan, dalam rencana pengamanan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024, dibutuhkan perhatian terhadap kesiapan sarana dan prasarana Polri, sehingga dapat sejalan dalam mendukung Polri yang presisi.

“Salah satu sarana yang perlu mendapatkan perhatian adalah kesiapan sarana pada penyelenggaraan sistem telekomunikasi berupa alat komunikasi Polri yang efektif dan tepat guna yang sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 1 tahun 2011 tentang penyelenggaran sistem telekomunikasi di lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia,” ujar dia.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan evaluasi mutu alat komunikasi tersebut, kedepannya dapat menjadi masukan dalam mengantisipasi terjadinya potensi gangguan keamanan dalam mendukung Pemilu 2024, baik secara vertikal maupun horizontal.

“Diharapkan kesiapan alat komunikasi ini menjadi bagian penting untuk mendukung pelaksanaan tugas Kepolisian dalam rangka pengamanan Pemilu 2024,” Demikian kata Wakapolres. (Riki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *