Bandel, Puluhan PIP Ilegal Kembali Jarah Kawasan Laut Sukadamai

SN.COM |TOBOALI – Meski sudah mendapatkan himbauan dan peringatan oleh aparat penegak hukum beberapa waktu lalu, namun hal itu tak membuat gentar para penambang ilegal di kawasan Laut Sukadamai, Kecamatan Toboali, Bangka Selatan.

Seolah kebal hukum dan ada bekingan yang kuat di belakangnya, puluhan Ponton Isap Produksi (PIP) ilegal jenis upin ipin dan TI selam, terpantau sedang beraktivitas menjarah timah secara ilegal di perairan kawasan Laut Sukadamai, Toboali.

Padahal sebelumnya, tim gabungan yang tergabung dari Satpolairud Polres Bangka Selatan (Basel), bersama Kodim 0432, Pos Binpotmar AL Toboali, dan Was PIP PT Timah, telah melakukan himbauan kepada Pekerja Ponton TI jenis Tower ilegal yang bekerja di IUP PT. Timah di Perairan Laut Sukadamai Toboali, pada senin(15/01/2024) lalu.

Imbauan tersebut mengingat aktivitas penambangan di kawasan Laut Sukadamai itu beroperasi di Wilayah Izin Usaha Penambangan (WIUP) milik PT Timah Tbk.

“Kami mengimbau kepada para pekerja tambang dan pemilik ponton agar segera menghentikan aktivitasnya, dan tidak lagi melakukan aktivitas penambangan pasir timah di WIUP PT Timah secara ilegal di perairan Payak Ubi-Sukadamai, Kecamatan Toboali,” kata Kasat Polairud Polres Bangka Selatan, AKP Eddie Suaidi.

Namun sayangnya, meski sudah di himbau oleh tim gabungan, para penambang ilegal masih saja membandel melakukan aktivitas ilegal di Kawasan tersebut.