Cegah Banjir, Plh Sekda Basel Imbau Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Sekilasindonews |BANGKA SELATAN – Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangka Selatan, Hefi Nuranda menghimbau kepada masyarakat sekitaran Rawa Bangun dan Ketapang, Toboali untuk selalu menjaga kebersihan dan lingkungan, mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan.

Himbauan ini dilakukan agar masyarakat yang ada di sekitaran wilayah tersebut bisa menghidupkan parit atau saluran air supaya tidak terjadi penyumbatan di saluran air atau drainase yang bisa menyebabkan kebanjiran.

“Tentu kami menghimbau masyarakat agar selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan buanglah sampah pada tempatnya, karena saat ini Dinas Lingkungan Hidup sudah menyiapkan tambahan armada. Dengan begitu dapat membantu dalam mengatasi masalah sampah,” kata Hefi Nuranda, saat menghadiri kegiatan bersih-bersih dalam rangka Hari Bakti HUT Kodam II Sriwijaya, Sabtu (9/12/2023).

Ia juga sangat mengapresiasi kegiatan Karya Bakti yang di inisiator oleh Kodim 0432/Basel. Ia berharap melalui kegiatan ini dapat membantu dalam membenahi kondisi lingkungan yang ada di Kabupaten Bangka Selatan.

“Ini adalah langkah pencegahan banjir dan pencegahan penyakit di musim penghujan. Kita lihat banyak selokan atau saluran air yang mampet karena sampah, jadi targetnya pembersihan sampah yang ada di selokan ini,” ucapnya.

“Saya mewakili bapak Bupati Bangka Selatan mengucapkan terima kasih, terkhusus kepada Bapak Dandim beserta jajaran atas inisiasinya dalam kegiatan karya Bakti ini. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua dan terkhusus untuk masyarakat Bangka Selatan,” harapnya.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 0432/Basel, Letkol Inf Gani Rachman mengatakan bahwa TNI selalu bersatu dengan masyarakat dan siap membantu bagi yang membutuhkan. Ia juga berharap kegiatan “bersih-bersih” ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Toboali, dan bisa kembali menggalakkan sikap gotong royong yang telah pudar selama ini.

“Dengan kegiatan gotong royong ini merupakan salah satu sarana komunikasi sosial secara langsung dan lebih efektif antara TNI dengan Rakyat,” pungkasnya.