Kajati Babel Terima Kunjungan Pengda JMSI: Siap Berkalaborasi Informasi

Sekindonews.com, PANGKALPINANG Kajati Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Asep Maryono menerima kunjungan sirahturahmi Pengurus Daerah Jaringan Media Siber (JMSI) Babel, masa kerja 2023 – 2028 di ruang kerjan FCya, Kamis (27/7/2023).

Kegiatan sirahturahmi dengan Pengda JMSI Babel didampingi Wakajati Babel Dwi Setyo Budi Utomo, Asintel Fadil Regen dan Kasi Penerangan Hukum (Penkum), Basuki Rahardjo.

Sementara dari Pengda JMSI Babel hadir Wakil Ketua Mad Doni, Bendahara Doni Fahrum, Wakil Bendahara Wiwik, Bidang Humas Budi, Jupe dan Valen.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pak Kajati telah meluangkan waktu menerima kunjungan kami (Pengda JMSI Babel),”ujar Sekretaris JMSI Babel Wahyu Kurniawan mewakili Ketua JMSI Babel, Supri yang  sedang mengikuti agenda Rapimnas JMSI di Jakarta.

Wahyu menyampaikan, JMSI adalah organisasi perusahaan media siber yang dideklarasikan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada hari Sabtu, 8 Februari 2020, oleh perwakilan dari 21 provinsi. SK Menteri Hukum dan HAM RI Nomor AHU-0008715.AH.01.07.TAHUN2020.

JMSI adalah konstituen Dewan Pers yang telah terbentuk di seluruh Provinsi dengan anggota mencapai ratusan media online.

“Di Bangka Belitung sendiri Pengda JMSI terbentuk 3 tahun lalu dengan jumlah 24 anggota. Namun terdapat perubahan kepengurusan sehingga pelantikan tertunda,”katanya.

Pengda JMSI Babel berharap Kajati Babel dan jajaran dapat hadir pada saat hari pelantikan Pengda JMSI Babel yang akan di gelar dalam waktu dekat.

“Harapan kami semoga Pak Kajati dan jajaran dapat hadir dalam pelantikan kami nanti,”harapnya.

Sebagai organisasi perusahaan Pers yang telah terverifikasi Dewan Pers sudah selayaknya JMSI Babel menjadi mitra Kejaksaan.

“Kejati Babel adalah mitra kerja kami, dan Pak Kajati kami anggap sebagai orang tua kami sebagaimana Gubernur dan Forkopimda lainnya,”tegas Wahyu.

Mantan jurnalis Suara.com pemegang kartu Uji Kopetensi (UKW) Utama menambahkan, JMSI Babel memiliki program wartawan menjangkau desa seperti yang telah disampaikan oleh Ketua JMSI Babel Supri kepada PJ Gubernur Suganda Pandapotan Pasaribu beberapa waktu lalu.

Dengan program wartawan menjangkau desa di harapkan informasi yang ada di pedesaan dapat di serap dengan mudah oleh masyarakat luas.

“Kami berharap dengan hadirnya JMSI Babel dapat memberikan warna baru dalam mendukung pemerintah dalam menopang pembangunan secara merata dari desa sampai kota,”tegasnya.

“Untuk di Bangka Belitung sendiri Pengda JMSI tergabung dalam pengurus PWI Babel. Ada nama ketua PWI Babel M Fahturakhman sebagai pembina, Rudi Sahwani dan Fahruddin Halim sebagai Dewan Pakar,”jelasnya.

Selain itu JMSI Babel juga diisi oleh wartawan kompeten, bahkan 50 persen dari Wartawan pemegang kartu UKW Utama di Provinsi Kepulauan Babel saat ini telah bergabung di JMSI Babel.

“Saat ini ada 24 perusahaan media bergabung dalam Pengda JMSJ Babel yang  tersebar di 7 Kabupaten / kota. Perusahaan media ini akan menjadi mitra Kejaksaan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat secara luas,”tambahnya.

Sementara Kejati Babel menyambut baik kunjungan Pengda JMSI Babel. Dia menjelaskan media online  turut memberikan informasi awal yang terjadi di Bumi Serumpun Sebalai.

“Kami menyembut baik kehadiran teman – teman dari JMSI Bangka Belitung. Saya sendiri banyak mendapatkan informasi awal dari media online terkait perkembangan yang terjadi di Bangka Bitung,”ujar Kajati.

“Saya pasti akan hadir dalam pelantikan Pengda JMSI Babel asalkan pelantikan diadakan pada jam kerja, kalau di luar jam kerja itulah waktu saya berkumpul dengan keluarga,”tutur Kajati.

Disisi lain Kajati juga optimis Pengda JMSI Babel akan memberikan warna baru dalam dunia pers Bangka Belitung karena pemilik perusahaan yang tergabung dalam JMSI adalah orang – orang yang telah terverifikasi di dewan pers.

“Saya sangat mendukung program JMSI Bangka Belitung, nanti untuk informasi pemberitaan bisa ke Penkum dan Asintel. Jika memang mendesak bisa langsung menghubungi saya,”tutur Kajati. (JMSI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *