Kapolres Bangka Barat Tindak Tegas Aktivitas Tambang Ilegal di Wilayah DAS Bendul Mentok

SN.COM |MENTOK – Kapolres Bangka Barat, AKBP Ade Zamrah berkomitmen untuk menindak tegas siapapun yang melakukan aktivitas penambangan ilegal di Daerah Aliran Sungai (DAS) Bendul, Dusun Selindung, Desa Air Putih, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat.

Komitmen itu dibuktikan oleh Kapolres dengan penindakan oleh personil gabungan pada Rabu, 10 Januari 2024 kemarin.

‚ÄĚTindakan tegas tersebut akan dikenakan bagi siapapun yang melanggar,” ujar AKBP Ade Zamrah, Sabtu (13/1/2024).

Ia juga mengingatkan kepada para penambang ilegal untuk tidak melakukan aktivitas penambangan lagi di wilayah tersebut.

“Untuk terakhir kalinya diingatkan kepada para penambang ilegal untuk tidak melakukan aktivitas lagi. Jika masih ditemukan ada yang melanggar, Personil gabungan tidak segan segan untuk langsung turun ke lapangan,” tegasnya.

Sebelumnya, Sat Polairud bersama Personil Kodim 0431 Babar, Personil TNI AL Muntok, dan Personil Sat Personil Sat Pol PP Pemkab Babar telah melakukan penindakan kepada Ponton Isap Produksi (PIP) di wilayah DAS Bendul Dusun Selindung, Desa Air Putih, Kecamatan Mentok, Bangka Barat, pada Rabu (10/1/2023) kemarin.

Dalam penertiban tersebut, tim personil gabungan mengamankan beberapa alat-alat tambang dan melakukan penarikan PIP yang masih berada di lokasi tersebut untuk dijadikan sebagai barang bukti.

Adapun jumlah unit PIP yang diamankan yaitu sebanyak 2 (dua) unit PIP. Sedangkan untuk PIP yang masih terparkir didalam muara, belum bisa dilakukan penarikan karena kondisi air yang sudah surut sejak pukul 08.00 WIB, sehingga petugas kesulitan mencabut rajuk tambang yang sengaja ditancapkan oleh pemilik tambang.