Kesenian Khas Madura Ramaikan Karnaval HUT RI ke 78 di Pangkalpinang

Sekilasindonews.com, PANGKALPINANG – Ikatan Keluarga Madura (Ikama) se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), turut serta menyemarakkan pelaksanaan Karnaval HUT Kemerdekaan RI ke 78, dengan menghadirkan sejumlah kesenian khas Madura di acara tersebut.

Terkait hal ini, Ketua Ikama Provinsi Kepulauan Babel, Aan Junaedy Asmoro (Cak Aan), saat ditemui wartawan di Titik Nol Kota Pangkalpinang, pada Minggu (27/08/23) siang, menyebut bahwa Ikama Provinsi Kepulauan Babel, sudah 3 (Tiga) tahun belakangan ini mengikuti acara tersebut.

“Ikama Provinsi Kepulauan Babel sendiri, sudah 3 (Tiga) tahun belakangan ini ikut acara Karnaval di Pangkalpinang. Awalnya hanya puluhan orang saja, dan sekarang semakin ramai. Ini salah satu bukti bahwa Ikama se-Provinsi Kepulauan Babel, sangat mencintai NKRI dan selalu menjunjung Bhineka Tunggal Ika,” terang Cak Aan.

Lebih lanjut, Aan mengatakan bahwa dalam menyemarakkan pelaksanaan Karnaval HUT RI ke 78  di Negeri Serumpun Sebalai, pihaknya menampilkan sejumlah kesenian asal Pulau Madura, seperti Tari Gheleng, yang dibawakan oleh Srikandi Ikama, Laskar Sakera yang dibawakan Lapema serta Karapan Sapi Madura.

“Hari ini, ada hampir 200an lebih orang Madura. Itu semua merupakan pengurus dan anggota Ikama, se-Provinsi Kepulauan Babel. Ada yang dari Ikama Provinsi Kepulauan Babel, ada juga Ikama dari daerah, seperti Bangka Selatan, Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka, Belitung dan Belitung Timur,” beber Cak Aan.

“Kami membawakan kesenian kami yaitu Tari Gheleng, yang dibawakan oleh Srikandi Ikama. Ada juga Laskar Sakera, yang dibawakan oleh Lapema. Selain itu, ada juga Karapan Sapi Madura. Kami selaku perantau, sangat menjaga kerukunan antar suku di Kepulauan Babel ini,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Aan menyebut pihaknya selalu terbuka untuk membangun sinergi dengan pemerintah daerah setempat. Ia berharap, masyarakat Madura yang berada di Negeri Serumpun Sebalai, senantiasa menjaga kekompakan dan terus memperkuat rasa kekeluargaan antara satu dengan lainnya.

“Ikama se-Provinsi Kepulauan Babel siap ikut serta dalam membangun Kota Pangkalpinang. Kita juga siap turut serta mencerdaskan anak-anak bangsa khususnya di Kota Pangkalpinang. Semoga kekompakan dan rasa kekeluargaan antar masyarakat Madura di Negeri Serumpun Sebalai ini, semakin erat dan terus terjaga,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *