Keuangan Pemkab Basel Tahun 2022 Terbaik di Babel

SN.COM |BANGKA SELATAN – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan kembali menorehkan prestasi di tingkat Nasional, dalam pengelolaan keuangan daerah tahun 2022, dengan nilai skor 82,475 poin.

Prestasi tingkat nasional ini diumumkan secara langsung oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Alhamdulillah, mengakhiri kinerja Tahun 2023 ini Pemkab Bangka Selatan kembali mendapatkan apresiasi dari Kemendagri. Kali ini terkait kapasitas pengelolaan keuangan daerah,” kata Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, Minggu (24/12/2023).

Riza menjelaskan, berdasarkan penilaian Kemendagri, Pemkab Bangka Selatan meraih “grade” pengelolaan keuangan daerah dengan skala “Tinggi”. Bahkan, kata Riza, dengan skor 82,475 poin ,Pemkab Basel meraih peringkat ke-3 tertinggi secara Nasional dalam kategori Kabupaten/Kota.

“Termasuk di Babel, Pemkab Basel juga meraih nilai tertinggi,” ujar Riza.

Atas pencapaian ini, lanjut Riza, dirinya memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran tim dan OPD terkait, TAPD, Bappelitbangda, Bakuda yang sudah “all out” dalam menyusun formulasi anggaran sekaligus mengawal proses administrasi dengan baik.

“Tentu ini semua akhirnya akan bermuara pada optimalisasi pembangunan Bangka Selatan sendiri,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bappelitbangda Bangka Selatan, Herman mengungkapkan, Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD) tersebut merupakan instrumen penilaian kapasitas pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh masing-masing daerah.

“Pusat melalui Kemendagri secara rutin melakukan pengukuran melalui 5 dimensi dan Alhamdulillah skor kita saat ini menempati peringkat tiga nasional untuk kategori kabupaten/kota dengan KKD sedang,” ungkapnya.

“Semoga dengan pencapaian ini dapat menjadi motivasi bagi kita dan mudah-mudahan kedepan prestasi kita semakin membanggakan,” pungkasnya.