Lusje Pastikan Stok dan Harga Bapok di Pangkalpinang Aman Jelang Nataru

Sekilasindonews.com|PANGKALPINANG – Penjabat (Pj) Walikota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan memastikan stok dan harga bahan pokok di sejumlah pasar dan distributor di Kota Pangkalpinang masih aman, menjelang natal dan tahun baru.

Hal demikian dikatakannya saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) bersama dengan pihak Kepolisian, TNI, Kejaksaan, dan TPID, di sejumlah pasar dan distributor yang ada di Kota Pangkalpinang, Selasa (19/12/2023).

“Hari ini, kami dari Pemerintah Kota Pangkalpinang bersama Kepolisian, TNI, Kejaksaan dan TPID melakukan pemantauan atau sidak menjelang hari Natal dan Tahun Baru 2024. Alhamdulillah dari hasil sidak, kebutuhan pokok masyarakat masih terpenuhi dengan ketersediaan stok bahan pokok, dalam kategori normal serta aman,” kata Lusje.

Dijelaskan Lusje, sidak yang dilakukannya bersama Forkopimda Kota Pangkalpinang dilakukan di beberapa titik, seperti di PT. Nusantara Persada (distributor gula pasir kemasan/PSM) di jalan TPI Kelurahan Ketapang, PT. Bintang Anugra Mekar Semesta (distributor minyak) di Kelurahan Pasir Putih Kota Pangkalpinang, dan Pasar Tunggal Ratu Pangkalpinang yakni distributor bumbu-bumbu milik H. Awi dan Hidayat, pedagang sembako, daging ayam, ikan, sayuran, dan bumbu-bumbuan.

“Bahan pokok kita yang kita cek ketersediaan stok di distributor masih normal dan aman seperti gula, tepung dan minyak goreng, malah ada barang permintaan sedikit itu artinya harga condong turun, untuk harga daging ayam naik Rp. 5.000, harga daging turun, dan semua jenis cabai turun drastis menjadi Rp. 30.000 per kilo,” ujar Lusje.

Ia juga menghimbau serta mengingatkan masyarakat agar dapat membeli bahan pokok di pasar sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, lanjut Lusje, diharapkan dapat menurunkan angka inflasi di Kota Pangkalpinang.

“Saya menghimbau kepada masyarakat beli bahan pokok sesuai kebutuhan, dan tidak lupa saya juga membeli daging ayam untuk membantu para pedagang, untuk arus menjelang Natal dan Tahun Baru naik 3 persen dan diprediksi hingga 5 persen di Pelabuhan Pangkal Balam. Alhamdulillah hari ini kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak,” pungkasnya.