Pemkab Bangka Selatan Gelar Upacara Pringatan Hari Kesaktian Pancasila

Sekilasindonews, Bangka Selatan – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menggelar upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober.

Upacara hari bersejarah yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Bangka Selatan, Senin (2/10/23) ini, dipimpin langsung oleh Asisten Administrasi Umum, Gatot Wibowo. Bertindak sebagai Perwira Upacara yakni, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Benny Supratama.

Sementara, pembacaan Naskah Ikrar dibaca oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Anshori.

Dalam sambutannya, Asisten Administrasi Umum Gatot Wibowo mengatakan bahwa Peringatan Hari Kesaktian Pancasila perlu kita jadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus dilakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan bangsa yang tangguh di masa yang akan datang.

Menurutnya, selama ini upaya yang kita lakukan lebih berfokus pada hasil akhir dan mengesampingkan integrasi sosial budaya dan pelestarian lingkungan.

Hal tersebut kurang sejalan dengan konsep pembangunan berkelanjutan yang menyelaraskan potensi sumberdaya alam dengan sumberdaya manusia.

“Menyadari hal tersebut, inilah waktunya kita merancang keseimbangan baru yang mengedepankan kemajuan semua kelompok masyarakat dan memprioritaskan konservasi alam. mari kita wujudkan pembangunan di semua sektor,khususnya pembangunan di Kabupaten Bangka Selatan yang kita cintai ini,” katanya.

Disamping itu, Gatot juga menyampaikan bahwa kita patut berbahagia, karena saat ini, anak-anak, gernerasi penerus dapat memperoleh kemerdekaan dalam belajar, berkarya, kemerdekaan dalam berbudaya yang akan melahirkan generasi pelajar pancasila, yaitu sosok pembelajar sepanjang hayat, yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mampu bergotongroyong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Para pelajar pancasila itulah yang akan meneruskan estafet pembangunan indonesia, bangka selatan khususnya yang berkelanjutan dan berkeadilan di masa depan.

“Kepada semua peserta apel hari ini, dan masyarakat Bangka Selatan khususnya saya ucapkan selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila, dengan nilai-nilai pancasila yang menyertai langkah kita, mari membangun Indonesia yang lebih tangguh, lebih inklusif dan lebih mencerdaskan dengan merdeka belajar,” pungkasnya. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *