Pemkab Basel Raih Predikat Informatif dari KI Babel

SN.COM |BANGKA SELATAN – Komisi Informasi Daerah (KID) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan penghargaan Predikat Informatif kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan sebagai Penyelenggaraan Informasi Publik Tahun 2023, di Hotel Bangka City Pangkalpinang, Rabu (27/12/2023).

Sertifikat Penghargaan Predikat Informatif Terbaik penyelenggaraan Informasi Publik Tahun 2023 tersebut, diterima oleh Plt. Kadis Kominfo Yuri Siswanto mewakili Bupati Basel, Riza Herdavid yang didampingi Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Defi Ahmad Batuah.

Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid mengucapkan rasa syukur sekaligus berterimakasih kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bangka Selatan atas diraihnya Predikat Informatif sebagai Penyelenggaraan Informasi Publik Tahun 2023.

Menurut Riza, hal ini semua tidak lepas peran dari rekan-rekan media dan wartawan di Bangka Selatan yang sudah menjadi bagian dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

“Tentu saja kita bersyukur atas apresiasi penghargaan dari Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Untuk itu saya ucapkan terimakasih untuk jajaran OPD di lingkungan Pemkab Basel atas pencapaian ini. Termasuk kepada teman teman media dan wartawan yang sudah menjadi bagian yang aktif untuk memberikan informasi yang edukatif dan konstruktif kepada masyarakat di Bangka Selatan,” kata Riza Herdavid.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfo Bangka Selatan, Yuri Siswanto mengungkapkan di tahun 2023, Pemkab Bangka Selatan berhasil naik ke level tertinggi status penyelenggaraan informasi publik dari KI Bangka Belitung.

“Saat ini kita sudah berpredikat “Informatif” dan naik dari tahun sebelumnya yang masih berstatus “Menuju Informatif,” ungkap Yuri.

Yuri menjelaskan bahwa Pemkab Bangka Selatan ada lima level sebagai status penyelenggaraan informasi publik yang menjadi kewajiban setiap badan publik.

Diantaranya Level Informatif dengan nilai 90 – 100, Level Menuju Informatif nilai 80 – 89,9, Level Cukup Informatif nilai 60 – 79,9, Level Kurang Informatif nilai 40 – 59,9 dan terakhir Level Tidak Informatif nilai 0 – 39,9.

“Ini semua tentunya berkat kolaborasi yang baik dari tim baik tidak hanya dari kominfo tetapi juga seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Basel yang juga sudah menjalankan komunikasi dan informasi publik dengan baik,” kata Yuri.

Disamping itu, kata Yuri, Diskominfo juga telah menyelenggarakan kompetisi penyebarluasan informasi publik antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bangka Selatan melalui platform media website dan media sosial.

“Ini bertujuan agar masyarakat mengetahui informasi pembangunan yang diselenggarakan oleh OPD terkait,” pungkasnya.