Pj Gubernur Babel: GSI Merupakan Wadah Untuk Jaring Atlet Muda Berbakat

Sekilasindonews.com, PANGKALPINANG – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu, menyebut bahwa penyelenggaraan Gala Siswa Indonesia (GSI) merupakan, wadah untuk menjaring bibit-bibit atlet berbakat di bidang olahraga.

Hal ini dikatakan Suganda, saat membuka kegiatan GSI jenjang SMP/MTs tingkat Provinsi Kepulauan Babel tahun 2023, di Lapangan Sepakbola GOR Sahabuddin Pangkalpinang, Rabu (2/8/2023).

“Karena ini untuk di level nasional mewakili provinsi, selain mencari bibit atlet, kita juga akan memperkenalkan anak-anak kita, di ajang nasional. Bahkan, kita juga memiliki pemain-pemain bola terbaik, khususnya di kalangan siswa di Kepulauan Babel,” kata Suganda.

“Nantinya, para siswa yang terjaring melalui pelaksanaan GSI, akan dibina dan dikembangkan bakatnya, agar para siswa lebih terarah dan berkelanjutan untuk dijadikan sebagai atlet daerah, sehingga kedepan dapat mengikuti ajang-ajang olahraga tingkat nasional maupun internasional,” lanjut dia.

Menurut Suganda, penyelenggaraan GSI ini merupakan salah satu wadah, guna mengapresiasi kebutuhan non akademis siswa yang memiliki bakat dan minat, khususnya dibidang olahraga.

Karena, lanjut Suganda, selain untuk mencari bibit atlet, GSI juga menjadi ajang untuk saling mengenal dan mempererat persaudaraan antara siswa dari seluruh kabupaten, kota, maupun di Provinsi Kepulauan Babel.

“Kepada para peserta GSI, ikutilah kegiatan ini dari awal hingga akhir, sehingga dapat menentukan siapa yang menjadi pemenang. Yang pasti pemenang dalam GSI bukanlah mereka yang meraih predikat juara, melainkan mereka yang mau berusaha untuk melampaui cita-citanya,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia menyambut baik atas adanya penyelenggaraan GSI. Karena menurutnya, kegiatan ini merupakan momen yang tepat dan berharga bagi para siswa untuk berkreasi, berinovasi, berprestasi dan berkompetisi secara sehat.

“Saya menyambut baik pelaksanaan GSI ini, karena kegiatan ini merupakan momen yang tepat dan berharga bagi para siswa untuk berkreasi, berinovasi, berprestasi dan berkompetisi secara sehat, sekaligus memberikan pengalaman belajar yang baik, belajar bekerjasama mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kepulauan Babel, Ervawi, menerangkan, kegiatan GSI tahun 2023 tersebut diikuti empat kabupaten yakni Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Selatan dan Kabupaten Bangka Barat.

Menurut Ervawi, GSI merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun, dalam rangka mencari bibit-bibit atlet di Kepulauan Babel.

“Kelanjutan GSI tingkat provinsi akan dilanjutkan ke tingkat nasional, selain itu apabila ada yang bagus, bisa juga menjadi pemain nasional, untuk itu di tahun-tahun mendatang, kita minta kepada setiap kabupaten supaya menerjunkan dua tim pemain,” tutup Ervawi. (Hasan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *