PLN Gerak Cepat Pulihkan Ganguan Petir pada Jaringan Transmisi SUTT di Belitung

Sekilasindonews.com // Belitung                  PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Bangka Belitung gerak cepat lakukan pemulihan listrik pasca gangguan yang terjadi pukul 13.56 wib pada jaringan Transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 70kV.

Akibat dampak tersebut, tegangan listrik di tiga Gardu Induk yang ada di Pulau Belitung menghilang, Sehingga pihak PLN Babel melakukan pemadaman listrik secara meluas.

“Penyebab gangguan transmisi ini dikarenakan dari gangguan petir. Setelah kejadian itu, tim petugas PLN Babel langsung bergerak cepat, untuk melakukan penormalan bertahap,” kata Manajer PLN Unit Layanan Transmisi dan Gardu (ULTG) Belitung Teddy Maradona, Sabtu (21/10/2023).

Baca juga : 

Melalui Program Muharram Bercahaya, YBM PLN Santuni 20.000 Anak Yatim dan Dhuafa

Meski ditengah tantangan cuaca hujan dan angin kencang yang terjadi di Belitung, petugas PLN tetap menunjukkan semangat dan tekad tinggi untuk memulihkan pasokan listrik dengan cepat mulai dari sisi pembangkitan, transmisi, distribusi hingga ke seluruh pelanggan.

“ketika padam tadi, kondisi saat hujan deras dan petir, kami langsung turun meneluisuri gangguan, dan kami temukan dilapangan gangguan tersebut akibat sambaran petir,” ungkap Teddy.

Baca juga :

Program TJSL PLN Bawa 5.425 UMK Naik Kelas

Teddy menjelaskan, upaya perbaikan melibatkan penanganan pada 3 gardu induk, 32 penyulang tegangan menengah 20kV, 1.354 gardu distribusi, dan 92.491 pelanggan.

Kecepatan dan dedikasi dalam penanganan ini tidak hanya memastikan pemulihan cepat, tetapi juga menjaga tingkat keselamatan dan kualitas pekerjaan yang optimal oleh petugas PLN untuk memastikan layanan kelistrikan kembali normal.

“Saat ini pukul 18.46 wib pasokan listrik pelanggan sudah aman dan kembali menyala 100%,” ujarnya.

 Baca juga :

Energi Magis Jadi Nuansa Sakral di Festival Tari Kreasi Kemilau Pesona Bangka Selatan

Teddy juga menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan di Pulau Belitung atas ketidaknyamanannya.

“Kami selaku pihak PLN memohon maaf kepada seluruh pelanggan, dan juga mengucapkan terimkasih kepada masyarakat atas dukungannya sehingga pemulihan gangguan dapat berjalan lancar,” pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *