Polda Babel bersama Pj Gubernur Lakukan Pengecekan Harga Bapok di Pasar Pangkalpinang

SEKILASINDONEWS|PANGKALPINANG -Polda Bangka Belitung bersama Penjabat (Pj) Gubernur kembali menggelar Operasi Pasar dengan melakukan pengecekan harga bahan pangan dan sembako di Pasar Pembangunan Kota Pangkalpinang, Selasa (5/12/23) pagi.

Pengecekan tersebut langsung dilakukan oleh PJ. Gubernur Bangka Belitung Safrizal didampingi Dir Reskrimsus Polda Babel Kombes Pol Djoko Julianto serta Sekda Bangka Belitung.

Selain itu, operasi pasar murah ini turut melibatkan stakeholder terkait seperti dari Dinas Perindustrian dan Pertanian Provinsi Bangka Belitung.

Pj Gubernur mengatakan Operasi pasar yang dilakukan bersama Polda Babel dan Dinas terkait ini dilakukan untuk mengecek harga Bapok dipasar serta memonitor distributor yang ada di Pangkalpinang.

Dari hasil pengecekan tersebut, dikatakan PJ Gubernur, harga bahan pokok seperti beras masih stabil dipasaran.

“Sementara untuk Cabe sudah diharga dibawah 100 ribu ini berarti sudah ada penurunan dibanding harga minggu kemarin,” kata Safrizal usai pengecekan.

Ia juga menyebutkan pihaknya akan mengadakan program tanam mengingat musim El-Nino sudah berakhir.

“Kita akan mengadakan program tanam, karena sudah memasuki musim tanam itu berarti kita tidak lagi mengirim dari luar, untuk bulan maret atau april cabe dari kita sudah bisa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Selain untuk mengetahui harga dipasaran, pihaknya akan melakukan ini bertujuan untuk menentukan intervensi apa yang bisa dilakukan oleh pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Ia juga akan berkoordinasi dengan para pemerintah daerah untuk melakukan hal yang sama diwilayah masing-masing.

“Nanti kita juga kordinasi dengan Bupati, Walikota agar konsen juga untuk mengecek harga di lapangan,” katanya.

“Selain itu Polda Babel juga akan melaporkan setiap hari kepada satgas pangan yang ada di Mabes Polri. Jadi apa yang dilakukan saat ini adalah tim bersama untuk mengecek stabilitas pangan di wilayah Bangka Belitung,” pungkasnya.

Senada dengan PJ. Gubernur, Dir Reskrimsus Polda Babel mengatakan bahwa pengecekan harga bahan pokok dipasaran ini terus dilakukan pihaknya setiap hari.

Pihaknya, kata Djoko, menggencarkan operasi pasar pangan ini untuk membantu mengendalikan inflasi di Negeri Serumpun Sebalai itu.

“Intinya kita Polda Babel dan Pemerintah Daerah serta intansi terkait ini bersama-sama menjaga stabilitas pangan dimasyarakat apalagi menjelang Nataru 2023 dan 2024,” jelasnya.

Sementara itu dari hasil pantauan dibeberapa distributor, harga cabe rawit berkisar diharga Rp. 100.000, Cabe Merah Rp. 90.000, bawang merah dan bawang putih Rp. 35.000.

Sedangkan harga beras premium berkisar harga Rp. 145.000, harga beras medium Rp. 68.000 dan Harga beras SPHP/Subsidi Pemerintah Rp. 57.500.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *