Usulan Polres Direspon Positif Oleh Dishub Bangka Selatan

Sekilasindonews, Bangka Selatan – Polres Bangka Selatan beberapa hari yang lalu memberikan usulan terkait pemasangan trafic lights atau lampu pengaturan lalu lintas di Kawasan Himpang Lime Toboali. Usulan tersebut langsung mendapat respon positif dari Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka Selatan.

Respon positif ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Bangka Selatan, M. Zamronie, saat dikonfirmasi wartawan, pada Kamis (13/7/2023) pagi.

“Kami dari Dishub basel berterimakasih serta menyambut positif atas saran dan usulan dari Polres Basel,” kata Zamronie, saat dikonfirmasi wartawan, pada Kamis (13/7/2023) pagi.

Ia menjelaskan, untuk pemasangan trafic lights di kawasan tersebut, pihak Dishub Basel harus melakukan survey melalui data geometri jalan serta volume lalu lintas yang ada di kawasan tersebut.

Selain itu, pihak Dishub juga akan survey terkait data populasi serta menganalisa tingkat kejenuhan dan tundaan terhadap penduduk yang melintasi wilayah itu.

“Nah untuk pemasangannya, nanti kita akan survey dulu dan kita juga harus melihat data geometrik jalan dan volume lalu lintas di area itu. Kemudian kita juga harus melihat data populasi penduduk dari BPS serta menganalisa terhadap derajat kejenuhan dan tundaan,” jelas dia.

Setelah melakukan survey dan pengumpulan data, lanjut dia, Dishub Basel langsung mengadakan rapat dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Bangka Selatan.

“Apabila nanti dari hasil survey betul-betul harus dilakukan pemasangan, maka kita nanti akan mengadakan rapat serta perhitungan anggaran dengan TAPD Basel untuk menentukan penganggarannya pada tahun 2024 yang akan datang,” imbuhnya.

Ia menghimbau, kepada pengguna jalan untuk selalu berhati-hati serta menjaga keselamatan saat melintasi kawasan Himpang Lime Toboali, sehingga tidak terjadi kecelakaan di kawasan tersebut.

“Kami juga menyarankan kepada masyarakat terutama kepada pengguna jalan agar selalu berhati-hati dan mengutamakan keselamatan berlalu lintas saat berkendara,” tuturnya.

Sebelumnya, Kapolres Bangka Selatan, AKBP Toni Sarjaka mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan terkait pemasangan trafic light di Kawasan Himpang Lima Toboali.

Menurut dia kawasan tersebut sudah sangat layak untuk di pasang rambu lalu lintas. Mengingat, kawasan Himpang Lime sudah menjadi tempat yang padat usai dibangun taman atau tempat berkumpulnya masyarakat.

Apalagi di hari dan jam- jam tertentu, sehingga di kawasan itu sering terjadi kemacetan.

“Iya, kawasan tersebut sangat perlu dan penting di pasang traffic light. Namun kita akan kordinasi dengan Dishub Bangka Selatan. Karena di kawasan itu emang sudah padat, apalagi setiap hari sabtu dan minggu,” ujar Toni Sarjaka, saat ditemui usai kegiatan Sambang Rohani, di Masjid Al Akbar, Kolong 2, Selasa (11/7/2023).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *