Bentuk Satgas PAD, Pemkab Basel Optimis Terget PAD 2024 Tercapai

SN.COM|TOBOALI – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan telah membentuk tim Satgas Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pihak eksternal terkait seperti Kejaksaan.

Pembentukan Satgas ini dilakukan guna untuk memaksimalkan dan meningkatkan potensi pendapatan daerah.

“Pembentukan Satgas PAD ini berawal dari rapat Bupati dengan OPD pada bulan November 2023 lalu, kemudian Bupati meminta potensi pendapatan daerah lebih dimaksimalkan. Dan kebetulan, saya dipercaya sebagai Ketua Satgas PAD,” kata Ketua Satgas PAD Basel, Dedy Yunihardi, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (24/1/2024).

Menurut Dedy, dibentuknya satgas PAD ini bertujuan untuk melihat potensi apa saja yang bisa diserap sebagai pendapatan daerah serta memaksimalkan potensi yang ada selama ini. Karena di tahun ini pemkab basel menargetkan PAD sebesar 91 Miliar yang sebelumnya hanya 70 miliar.

“Adanya Satgas PAD tentu optimis target tahun ini bisa terealisasi,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, untuk mencapai target yang telah ditetapkan tersebut, tim Satgas PAD nantinya akan berkoordinasi dengan beberapa dinas terkait.

Selain itu, kata Dedy, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak APH terkait dalam menangani bersama penyelesaian permasalahan hukum perdata dan tata usaha negara yang dihadapi tim, baik di dalam maupun di luar pengadilan.

“Kehadiran Satgas PAD ini diharapkan dapat membantu dalam mengatasi kendala yang dihadapi oleh dinas terkait dalam pemungutan pajak dan retribusi agar lebih baik lagi,” pungkasnya.