Bupati Bangka Selatan: Anggaran Pemkab Basel dari Pusat Mengalami Penurunan

Sekilasindonews.com |Bangka Selatan – Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid menyatakan pada tahun perencanaan dan penganggaran 2024, transfer anggaran pusat ke daerah mengalami penurunan yang cukup signifikan terutama dari alokasi Dana Anggaran Khusus atau DAK.

Hal tersebut juga bersamaan dengan kebijakan pemerintah pusat yang mengatur peruntukan Dana Alokasi Umum atau DAU untuk kebutuhan percepatan permasalahan prioritas nasional.

Demikian dikatakan Riza Herdavid, saat Rapat Paripurna Nota Kesepakatan KUA PPAS, Rabu (8/11/2023) di Gedung Mahligai DPRD Basel.

“Prioritas nasional seperti penurunan stunting, penghapusan kemiskinan ekstrem, penyediaan infrastruktur yang memiliki daya ungkit terhadap perekonomian daerah, penanganan sektor pendidikan dan sektor kesehatan,” kata Riza.

Dijelaskan Riza, konsekuensinya adalah peruntukan anggaran DAU yang masih bisa digunakan terpaksa harus diprioritaskan untuk memenuhi belanja wajib terlebih dahulu seperti gaji pegawai dan belanja mengikat untuk menjamin optimalisasi pelayanan publik.

“Tema pembangunan Bangka Selatan tahun 2024 mendatang, meningkatkan kualitas pelayanan dasar, peningkatan perekonomian daerah dan kualitas infrastruktur berkelanjutan secara inovatif, kreatif dan kolaboratif,” ujar Riza. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *