Hasil Verifikasi KPU Basel, 139 Bacaleg DPRD Dinyatakan Belum Memenuhi Syarat 

Sekilasindonews.com, Bangka Selatan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan telah selesai melakukan verifikasi administrasi dokumen bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Kabupaten pada pemilu 2024.

Hasilnya, dari 452 bacaleg yang diajukan oleh 17 partai politik, yang memenuhi syarat sebanyak 313 bacaleg. Sedangkan 139 bacaleg dinyatakan belum memenuhi persyaratan.

Hal ini dikarenakan, dokumen administrasi yang diajukan masih banyak yang belum melengkapi persyaratan, salah satunya terdapat dokumen yang ganda.

Demikian dikatakan oleh Ketua KPU Basel, Muhidin, usai penyampaian hasil verifikasi administrasi perbaikan dan hasil akhir, di Aula Kantor KPU Basel, Minggu (06/8/2023).

“Dari hasil verifikasi yang kami lakukan, dari 452 bacaleg, hanya 313 bacaleg yang memenuhi syarat, 139 bacaleg dinyatakan belum memenuhi syarat,” kata Muhidin.

“Hal-hal utama yang menyebabkan 139 bacaleg tidak memenuhi syarat, dikarenakan dokumen yang mereka aju ke KPU tidak lengkap, selain itu juga ada dokumen yang ganda,” jelas dia.

Meski demikian,kata Muhidin, hasil dari verifikasi administrasi tersebut diserahkan ke partai politik masing-masing agar bisa melakukan pencermatan terhadap bacaleg yang tidak memenuhi syarat.

Oleh karena itu, KPU Basel memberi kesempatan kepada partai politik untuk segera memperbaiki dokumen administrasi para bacaleg yang belum memenuhi syarat, serta mengganti calon yang ganda hingga batas tanggal 11 Agustus 2023.

“Kami berharap, agar partai politik dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk segera memperbaiki dan mengganti calon yang ganda, agar pada tanggal 12 Agustus 2023 nanti, penyusunan daftar calon sementara atau DCS bacaleg semuanya sudah lengkap dan memenuhi syarat,” ujarnya.

“Untuk perbaikannya akan kami tunggu sampai tanggal 11 Agustus 2023 hingga pukul 23.59 wib,” tukasnya. (Riki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *