Kapal Roro Rute Sadai-Tanjung Gading Resmi Beroperasi

SN.COM |BANGKA SELATAN – Pelayaran perdana Kapal Motor Roro rute Sadai menuju Tanjung Gading, Pulau Lepar resmi beroperasi.

Pelayaran perdana ini diresmikan langsung oleh Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid bersama Anggota DPR RI Rudianto Tjen, Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi dan pihak terkait, di Pelabuhan Sadai, Kecamatan Tukak Sadai, Kabupaten Bangka Selatan, pada Jum’at (5/1/2024) kemarin.

“Alhamdulillah, Saya bersama Anggota DPR RI, Bapak Rudianto Tjen, General Manajer ASDP Cabang Bangka, Wakil Bupati Bangka Selatan, Kadis Perhubungan Provinsi Bangka Belitung dan Forkopimda Basel meresmikan pelayaran perdana lintasan keperintisan Sadai – Tanjung Gading,” ujar Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid.

Dikatakan Riza dengan diresmikan pelayaran perdana lintasan keperintisan Sadai-Tanjung Gading ini, seluruh masyarakat baik itu masyarakat di Kabupaten Bangka Selatan maupun dari luar Bangka Selatan sudah bisa menyebrang antar Pulau menggunakan Kapal Roro. Sedangkan untuk pelayaran perintisan ini nantinya akan dioperasikan oleh pihak ASDP Bangka.

“Dengan terbukanya akses pulau lepar dengan modal Kapal Roro ini, tidak hanya mobilitas penumpang, barang, produk pertanian, tetapi juga kendaraan akan lebih lancar. Kita berharap perputaran ekonomi pulau lepar pasca beroperasinya kapal rintisan ini semakin meningkat,” tutur Riza.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Bangka Selatan, M. Zamronie mengatakan operasional Kapal Roro ini akan dimulai pada minggu ini, dengan frekuensi pelayaran satu kali dalam seminggu. Sedangkan untuk waktu tempuh pelayaran rute ini kurang lebih selama 45 menit.

“Tarif penumpang per kali jalan adalah Rp. 15.000 untuk dewasa, dan untuk bayi Rp 3.200. Sementara itu untuk kendaraan, tarifnya sebesar Rp 32.800, sedangkan untuk golongan I, Rp 56.800, untuk golongan II dan golongan III Rp 124.800,” kata Zamronie.

Mantan Kadis Kominfo ini menjelaskan untuk tarif kendaraan golongan IV sampai dengan golongan VI dikenakan harga sebesar Rp. 234.000 hingga Rp. 576.600.

Sedangkan untuk jadwal pelayaran Kapal Roro, lanjut Zamronie, akan berangkat pada Minggu, 7 Januari 2024. Rute keberangkatan dari Sadai akan berangkat pada pukul 10.00 WIB dan Rute dari Tanjung Gading berangkat pukul 13.00 WIB.

“Untuk info terkait jadwal dan tarif keberangkatan pelayaran Kapal Roro rute Sadai-Tanjung Gading ini dapat menghubungi pihak petugas ASDP di Pelabuhan Sadai, Achmad Sholeh (0812 3102 2366), Reksi (0813 7954 7997),” ujar Zamronie.