Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2022 Disetujui, Bupati Basel Sampaikan Ini

Sekilasindonews.com, Bangka Selatan – Seluruh Anggota DPRD Kabupaten Bangka Selatan setujui Rancangan Peraturan Daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022.

Persetujuan itu disampaikan dalam rapat paripurna pengambilan keputusan terhadap Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2022, di Gedung Paripurna DPRD Basel, Senin (7/8/23).

Dengan disetujuinya Raperda tersebut, Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid menegaskan, Pemkab Bangka Selatan akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pengelolaan pertanggungjawaban keuangan daerah.

“Kami (Pemkab Basel, red) pastikan kualitas pengelolaan pertanggungjawaban keuangan daerah akan terus ditingkatkan,” kata Riza Herdavid.

Dikatakan Riza, dalam beberapa waktu yang lalu Pemkab Bangka Selatan telah berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP hingga 4 kali berturut-turut.

Untuk itu, Riza berharap agar seluruh organisasi perangkat daerah maupun lembaga pemerintahan lainnya dapat mempertahankan opini WTP pada tahun yang akan datang.

“Atas hasil yang diraih tersebut, saya berharap seluruh perangkat daerah maupun lembaga pemerintah lainnya dapat membantu pemerintah daerah untuk mempertahankan opini WTP di tahun-tahun mendatang,” ujar Riza.

“Saya juga minta kepada anggota DPRD, apa yang barusan disampaikan tadi dapat disampaikan kembali ke seluruh Kepala OPD, biar nantinya meraka tahu apa yang menjadi tugas-tugas mereka terkait hasil penyampaian Raperda hari ini,” imbuhnya.

Dijelaskan Riza, bahwa jumlah pendapatan dalam perubahan APBD tahun anggaran 2022 yang direncanakan pemerintah daerah sebesar Rp 922.67.342.251, dapat direalisasikan sebesar Rp 1.027.151.634.194, atau sebesar 111,32 persen.

Sedangkan untuk belanja daerah setelah perubahan APBD dianggarkan sebesar Rp 990.182.391.476,00. Dan realisasi belanja sebesar Rp 932.143.p94.492,20, atau sebesar 94,14 persen.

“Setelah selesai rapat paripurna ini, tahapan selanjutnya kami akan menyampaikan hasil Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2022 ini ke Gubernur Bangka Belitung untuk dievaluasi kembali,” tuturnya. (Riki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *