Ratusan Kader PKK Bangka Selatan Ikuti Kegiatan Jambore Selama 2 Hari

Sekilasindonews//Bangka Selatan – Sebanyak 184 kader Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Selatan mengikuti serangkaian kegiatan Jambore selama dua hari, pada tanggal 17-18 Oktober 2023 (Selasa-Rabu).

Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Diklat Komplek Perkantoran Terpadu Pemkab Bangka Selatan tersebut, akan diisi berbagai macam perlombaan. Seperti, lomba deville, lomba yel-yel, lomba cerdas cermat kader PKK, lomba drama parodi, lomba senam kreasi, lomba fashion show, lomba paduan suara dan lomba temu gembira.

Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Selatan, Elizia Riza Herdavid mengatakan, kegiatan Jambore kader PKK ini merupakan salah satu agenda tahunan secara berjenjang, mulai dari tingkat Kabupaten hingga Nasional.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk mempererat dan meningkatkan silaturahmi antara kader PKK sekaligus mewujudkan 10 program PKK,” kata Eliza, saat membuka kegiatan jambore kader PKK se-Bangka Selatan, Selasa (17/10/2023).

Ia menjelaskan kegiatan Jambore tahun 2023 kali ini, mengusung tema “Melalui Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Bangka Selatan, Mari Kita Bergandengan Tangan dalam Menurunkan Angka Stunting di Bangka Selatan” dengan slogan “Jambore kader PKK. Kami Pacak, Ikak Pacak, Kite Semue Pacak, Asak Kawa Kite Pacak”.

“Tema ini diambil sesuai dengan pilot project TP PKK Bangka Selatan sebagaimana telah dilaunching oleh TP PKK Provinsi pada “Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana”, karena saat ini Kabupaten Bangka Selatan berfokus pada pencegahan dan kepedulian stunting,” jelasnya.

Ia berharap melalui kegiatan jambore ini, para kader PKK seluruh Kecamatan dapat memahami maksud dan tujuan dari arah program kegiatan yang telah ditetapkan untuk pemberdayaan dan pencegahan stunting di daerah masing-masing.

“Diharapkan para kader lebih memahami maksud dan tujuan dari arah program kegiatan yang telah ditetapkan untuk pemberdayaan dan pencegahan stunting di daerah masing-masing. Sekaligus untuk melahirkan kader-kader PKK yang ikut andil dalam kesejahteraan masyarakat dalam penerapan 10 program pokok PKK,” ujarnya.

Selain itu, istri orang nomor satu di negeri junjung besaoh ini juga meminta kepada seluruh kader PKK agar menjadi kader yang hebat dan luar biasa.

“Jadilah kader PKK yang berprestasi dan semangat selalu, karena PKK itu bekerja dari hati dan ikhlas,” pintanya.

Sementara itu, Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid, mengatakan sesuai dengan tema yang diambil, tentunya ini akan menjadi tugas baru bagi seluruh kader PKK dalam mencegah serta melakukan upaya penurunan stunting di Bangka Selatan.

“Kita bersama-sama dan lebih peduli terhadap permasalahan di Bangka Selatan. Dengan bekerja sama dan bergotong royong, serta mempunyai kemauan yang tertanam dalam diri para kader. Saya yakin para kader dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik,” kata Riza Herdavid, dalam sambutannya.

Sesuai tema yang ditetapkan yakni “Peduli Stunting, Riza meminta, kegiatan Jambore PKK yang diikuti oleh kader PKK seluruh Kecamatan ini dapat menyuguhkan penampilan terbaik dan menerapkannya sebagai langkah pencegahan dan penurunan stunting di daerah kecamatan masing-masing.

“Momentum ini akan memberikan motivasi dan semangat sehingga kader PKK dapat menjadi kader penggerak pembangunan, sehingga kedepannya dapat melahirkan kader-kader PKK yang baik dan tangguh, serta terus ikut andil dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan Jambore Kader PKK pada tahun ini diharapkan bisa menjadi wadah bangkitnya para pelaku usaha keluarga dalam peningkatan pendapatan keluarga, dan para kader PKK nantinya bisa menjadi penggerak ekonomi masyarakat di daerah masing-masing.

“Saya berharap kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti kegiatan Jambore Kader PKK dengan tertib dan dapat mengoptimalkan momentum ini untuk meningkatkan kreativitas, sportivitas, kerjasama tim, kekompakan serta menumbuhkan semangat pantang menyerah dalam tim masing-masing,” pungkasnya. (Riki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *