Diskominfo Bangka Selatan Latih dan Dampingi Pengelolaan Website OPD 

Sekilasindonews, Bangka Selatan – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Selatan menggelar Bimtek (Bimbingan Teknis) Pengelolaan Website Perangkat Daerah bagi admin Website OPD di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bangka Selatan, Jum’at (3/10/2023).

Kegiatan BIMTEK yang berlangsung di Gedung Basel Command Center (BCC) diselenggarakan selama 14 hari dimulai dari tanggal 26 September sampai dengan 10 Oktober 2023.

Pelaksana tugas (Plt) Diskominfo Bangka Selatan, Yuri Siswanto mengatakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan BIMTEK ini adalah untuk pembekalan bagi pengelolaan web di daerah sekaligus mempraktekkan dalam rangka persiapan pengisian konten di situs web yang selama ini mereka kelola.

Menurutnya, hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan kualitas situs Web masing-masing OPD yang ada di Pemerintahan Kabupaten Bangka Selatan.

“Dalam dua minggu ini, Kita melakukan pelatihan dan pendampingan admin pengelola website OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan,” kata Yuri.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut arahan Pak Bupati, agar OPD lebih Informatif terkait dengan pembangunan yang telah dilakukan. Hal ini juga penting karena website OPD merupakan sarana untuk penyampaian informasi kepada masyarakat terkait program dan kegiatan yang dilakukan,” imbuhnya.

Yuri menjelaskan, sasaran dilakukan pelatihan dan pendampingan petugas admin website OPD ini adalah semakin menguatkannya peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) OPD.

PPID OPD memiliki wewenang untuk menyampaikan informasi publik kepada masyarakat terkait dengan program dan kegiatan yang dilakukan.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga ada beberapa dokumen yang memang harus dipublis kepada masyarakat seperti Renstra OPD, Renja OPD dan LAKIP OPD.

Tentu saja kesemuanya dapat digunakan melalui Website OPD. Disamping itu, penguatan peran PPID dalam memanfaatkan website nya juga merupakan upaya untuk mengeliminir berita palsu atau hoaks.

Oleh karena itu, Yuri berharap agar pelatihan dan pendampingan petugas admin website dapat memberikan dampak maksimal sesuai yang diharapkan.

“Kegiatan Bimbingan Teknis ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam pengelolaan website Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dengan adanya pemahaman dan keterampilan yang lebih baik, diharapkan mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas website OPD serta memberikan informasi yang lebih baik dan akurat kepada masyarakat,” ujarnya. (Riki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *