Pemkab Bangka Selatan Terapkan Tapping Box Langkah Naikkan PAD

Sekilasindonews, Bangka Selatan – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Badan Keuangan Daerah Bangka Selatan menerapkan sistem tapping box pada subjek pajak di sejumlah tempat usaha. Hal ini diterapkan guna untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bangka Selatan, Selasa (3/10/2023).

Dalam penerapan tapping box ini, Bakuda Bangka Selatan menggandeng pihak Bank Sumsel Babel dan pelaku usaha untuk menandatangani MoU.

Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid memberikan apresiasi atas langkah yang dilakukan oleh Bakuda Bangka Selatan dan Bank Sumsel Babel.

“Saya mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Bakuda dan pihak Bank SumselBabel untuk meningkatkan PAD, khususnya sektor perhotelan, rumah makan dan hiburan. Penerapan Tapping Box ini untuk pertama kali diterapkan di Bangka Selatan,” ucap Riza.

Riza juga mengajak para pelaku usaha untuk terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah. Pihaknya juga akan siap suport terhadap program pengembangan UKM, khususnya yang berskala mikro kecil.

“Kedepan saya mengajak para pelaku usaha terus bersinergi dengan Pemkab Bangka Selatan untuk memajukan daerah. Paralel dengan hal tersebut, Kami akan terus support program pengembangan UKM, terutama yang berskala mikro kecil,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bakuda Bangka Selatan, Agus Pratomo mengatakan sosialisasi penerapan alat perekam transaksi (tapping box) kepada sejumlah pelaku usaha tersebut dilakukan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) utamanya dari sektor perhotelan, rumah makan dan usaha hiburan.

“Berdasarkan hasil sosialisasi yang kita lakukan, para peserta rapat menyambut baik dan setuju untuk diterapkan di tempat usahanya masing-masing,” kata Agus.

Menurut Agus, penerapan tapping box ini sendiri dilakukan dengan menggandeng pihak Bank Sumsel Babel, terutama khusus dengan dukungan peralatan.

“Kedepan, secara berkala akan dilakukan evaluasi terhadap efektifitas penerapan tapping box ini,” ujarnya.

Agus menjelaskan, disamping sosialisasi, untuk memperkuat komitmen dari pihak-pihak yang terlibat, pihaknya juga akan langsung melakukan penandatanganan kerjasama (MoU).

“MoU yang sudah kita laksanakan tadi akan mengikat komitmen antara Pemkab Bangka Selatan, Bank Sumsel Babel dan sejumlah pelaku usaha yang terundang. Target pelaku usaha yang diterapkan saat ini sebanyak 10 unit usaha dan kita akan terus tingkatkan ditahun depan. Tentu dengan melihat hasil evaluasi efektifitas nya,” pungkasnya. (Riki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *